PERAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PUJI MULYANI, 192610000684 (2021) PERAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 192610000684_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 192610000684_BAB I.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 192610000684_BAB II.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 192610000684_BAB III.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 192610000684_BAB IV.pdf - Published Version

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 192610000684_BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 192610000684_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 192610000684_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran kompetensi manajerial kepala madrasah dalam peningkatan mutu pembelajaran. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah a) Bagaimana peran kompetensi manajerial kepala madrasah dalam peningkatan mutu pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? b) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui peran kompetensi manajerial kepala madrasah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? c) Sejauhmana hasil peningkatan mutu pembelajaran melalui peran kompetensi manajerial kepala madrasah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?
Penelitian menggunakan pendekatakan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian survey/lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yag terkumpul akan dianalisi dengan teknik pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah : a) Peran Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran : (1) Keterampilan Konseptual (conceptual skill) : perbaikan dan peningkatan manajemen pendidikan, (2) Keterampilan kemanusiaan (human skill): ini berkaitan erat dengan bagaimana kepala madrasah mengadakan hubungan dengan sesama manusia di sekitar sekolah, (3) Ketrampilan Teknis (techtical skill) : keterampilan kepala MTs Negeri 2 Pati dalam hal teknis ini sudah baik. b) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui peran kompetensi manajerial kepala madrasah : Faktor pendukung : adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, dukungan pendidik sejawat dan tendik. Faktor Penghambat : input siswa, kemampuan pemanfaatan teknologi informasi. c) Hasil Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Peran Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah : (1) Perencanaan Proses Pembelajaran : Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pati memiliki tugas untuk menyusun perencanaan madrasah. (2) Pelaksanaan Pembelajaran : peran guru dalam pembelajaran yang akan menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. (3) Penilaian Hasil dilakukan oleh guru terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Mutu Pembelajaran dan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:05
Last Modified: 10 Jan 2022 02:05
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item View Item