AGUS AKHMADI, 192610000676 (2021) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY (IT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
1. 192610000676_COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. 192610000676_BAB I.pdf - Published Version Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
3. 192610000676_BAB II.pdf - Published Version Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
4. 192610000676_BAB III.pdf - Published Version Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
5. 192610000676_BAB IV.pdf - Published Version Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
6. 192610000676_BAB V.pdf - Published Version Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
7. 192610000676_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (214kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah a) Jenis penelitian ini adalah deskripstif ana Bagaimana penerapan media pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? b) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui penerapan media pembelajaran berbasis Information Technology (IT) pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? c) Sejauhmana hasil peningkatan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui penerapan media pembelajaran berbasis Information Technology (IT) pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?
Penelitian menggunakan pendekatakan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian survey/lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yag terkumpul akan dianalisi dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah : a) Penerapan media pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati sudah dapat dikategorikan baik karena telah memfasilitasi guru dengan media seperti sound dan LCD Proyektor . b) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits : 1) faktor pendukung; guru menjadi lebih percaya diri ketika mengajar dan materi dapat disampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Ketertarikan siswa terhadap pemanfaatan media oleh guru sebagai media pembelajaran sangat tinggi apalagi jika media yang dibuat guru sangat bervariasi dan kreatif, 2) Dari sisi faktor penghambatnya adalah tidak semua peserta didik memiliki fasilitas yang dapat digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist yang dilakukan dengan cara daring. Kuota intenet yang tidak bisa dijangkau oleh semua siswa. Keterbatasan sinyal dapat menghambat proses belajar mengajar dalam pembelajaran Al-Qur’an hadist yang dilakukan dengan daring. c) Hasil peningkatan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits ialah dengan menggunakan teknologi informasi dapat dilihat dalam leger nilai yang naik signifikan dari sebelum menggunakan teknologi informasi.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan Media Pembelajaran Berbasis Information Technology (IT) |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X2 Al-Hadits 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:55 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:55 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |