KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DALAM PEMIKIRAN SAYYID JA’FAR SHADDIQ (Sunan Kudus)

UNNAHARI MULYATI, 161310003644 (2021) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DALAM PEMIKIRAN SAYYID JA’FAR SHADDIQ (Sunan Kudus). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161310003644_COVER.pdf - Updated Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003644_BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003644_BAB II.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003644_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003644_BAB IV.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003644_BAB V.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003644_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengemukakan konsep pendidikan Islam multikultural dalam pemikiran Sayyid Jafar Shadiq (Sunan Kudus). (2) Untuk mengemukakan relevansi konsep pendidikan Islam multikultural dalam pemikiran Sayyid Jafar Shadiq (Sunan Kudus) dengan pendidikan era 4.0. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan beberapa metode yang relevan dengan tema kajian di atas yaitu dengan metode content analisys. Dalam menggali sumber konsep dan bahan-bahan yang dibutuhkan skripsi ini dan mengingat bidang studi serta masalah dan fenomena yang ada, maka jenis penelitian yang penulis gunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan pendekatan penelitian library research,yaitu suatu pendekatan dengan menggali informasi bacaan dari buku literature, skripsi, atau lainnya yang memiliki relevansi dengan tema kajian. Penulis menggunakan sumber data primer buku (1) Jejak Perjuangan Sunan Kudus Dalam Membangun Karakter Bangsa karya Nur Said. (2) Kudus Purbakala dalam Perjuangan Islam karya Sholichin Salam. (3) Kudus dan Islam: Nilai-nilai Budaya Lokal dan Indrustri Wisata Ziarah karya Sri Indrahti. (4) Sunan Kudus: Pewaris Ulama Cina The Ling Sing karya Abdurrahan Arroisi dan sumber lainnya yang relevan dengan tema kajian ini. Sesuai dengan sifat dan jenis data yang diperoleh, maka teknik analisa data yang dipergunakan adalah content analysis, yaitu suatu teknik analisa data yang digunakan untuk mengkaji isi atau objek kajian. Berdasarkan analisis tersebut menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam multikultural menurut Sayyid Ja’far Shaddiq (Sunan Kudus) ialah pendidikan yang lebih mengandalkan sikap toleransi, mengakui, menerima dan menghargai keragaman budaya, serta kesadaran multikultural dan perdamaian bagi masyarakat Kudus dan sekitarnya. Relevansi pendidikan Islam multikultural dalam pemikiran Sayyid Ja’far Shaddiq (Sunan Kudus) dengan pendidikan era 4.0 ialah membentuk generasi muda yang memiliki rasa kemanusiaan yang akan menciptakan kebersamaan dan kedamaian bagi masyarakat sekitar, dan sikap menjunjung tinggi toleransi serta harmoni di Indonesia yang penuh dengan keanekaragaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khalimatus Sa’diyah, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Multikultural, Sayyid Ja’far Shaddiq (Sunan Kudus).
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:30
Last Modified: 10 Jan 2022 01:30
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item