SITI MUHASRI, 192610000691 (2021) PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI PROGRAM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
1. 192610000691_COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. 192610000691_BAB I.pdf - Published Version Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
3. 192610000691_BAB II.pdf - Published Version Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
4. 192610000691_BAB III.pdf - Published Version Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
5. 192610000691_BAB IV.pdf - Published Version Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
6. 192610000691_BAB V.pdf - Published Version Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
7. 192610000691_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
8. 192610000691_LAMPIRAN.pdf - Updated Version Download (15MB) | Preview |
Abstract
Proposal penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan peningkatan kompetensi profesional guru melalui program pelatihan dan pengembangan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan masalah ini adalah: a) Bagaimana pelaksanaan program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru melalui program pelatihan dan pengembanganpada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? b) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kompetensi profesional guru melalui program pelatihan dan pengembanganpada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? c) Bagaimana hasil peningkatan kompetensi profesional guru melalui program pelatihan dan pengembanganpada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan survey lapangan terkait dengan peningkatan kompetensi profesional guru melalui program pelatihan dan pengembangan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pati. Data dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primernya adalah kepala sekolah dan guru pada MTsN 3 Pati.
Hasil penelitian ini adalah a) Pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pati dilaksanakan melalui program peningkatan kualifikasi guru, program penyetaraan dan sertifikasi, pelatihan berbasis kompetensi, supervise, MGMP dan penelitian.. b) Faktor penghambat : kurangnya dana untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, keterbatasan sarana dan prasarana. Lalu hambatan lainnya adalah tidak semua guru memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya keprofesionalan guru, dan itu membuat mereka kurang tertarikdengan adanya pelatihan-pelatihan.. Faktor pendukung dalam mengembangkan profesionalisme guru ada dua yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya adalah 1) semangat dalam menjalankan tugasnya, 2) tingkat pendidikannya, 3) intelektual. Dan faktor eksternalnya adalah kurikulum, suasana atau kondisi kelas, dan sarana prasarana yang lengkap.c) Hasil peningkatan kompetensi professional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pati sudah bisa berjalan dengan baik yaitu 1) Guru mempunyai kemampuan professional. 2) Guru memiliki ketrampilan mengajar yang baik sesuai dengan kurikulum, 3) Guru menguasai media pembelajaran. 4) Guru menguasai ketrampilan tehnologi. 5) Guru mempunyai totalitas dalam mengajar. 6) Guru bisa menjadi teladan yang baik bagi siswa dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Program Pelatihan dan Pengembangan,Kompetensi Profesional |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:26 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:26 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |