ETIKA MENUNTUT ILMU PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Telaah Surat Al-Kahfi Ayat 60-82)

UNIFATUL KHOIRIYAH, 161310003583 (2021) ETIKA MENUNTUT ILMU PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Telaah Surat Al-Kahfi Ayat 60-82). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161310003583_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003583_BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003583_BAB II.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003583_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003583_BAB IV.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003583_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003583_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003583_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Menipisnya moral peserta didik di zaman sekarang membuat mereka berkurang etika dalam bertingkah, terutama dalam hal menuntut ilmu yang mana etikanya sangat berkurang kepada pendidik, pada dasarnya sebagai peserta didik harus mempunyai etika yang bagus karena pendidik yang memberi ilmu sebagai bekal hidup sekarang dan masa depannya.
Dari tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui Etika menuntut ilmu perspektif Al-Qur’an yang terkandung dalam QS Al-Kahfi ayat 60-82. (2) untuk mengetahui Implementasi Etika menuntut ilmu di lembaga Sekolah, bagaimana etika yang sebenarnya dilakukan peserta didik terhadap pendidik.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Analisis Dokumen, serta beberapa pemahaman kajian analisis tafsir (metode tahlili). Selain itu juga menggunakan referensi dari artikel dan skripsi dari beberapa universitas yang berkaitan dengan judul skripsi tersebut.
Hasil dari penelitian ini adalah secara garis besar terdapat 3 point penting untuk peserta didik yang pertama, peserta didik harus mempunyai rasa semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu, dengan rasa yang semangat maka akan haus ilmu yang diberikan oleh gurunya, untuk yang kedua peserta didik harus mempunyai rasa sopan terhadap gurunya, karena Ridho guru merupakan Ridho Allah SWT dan yang ketiga peserta didik harus selalu berfikir positif terhadap gurunya dikarenakan jika tidak mempunyai pikiran positif maka peserta didik akan semena-mena melakukan kesalahan dan mengabaikan apa yang diperintahkan guru terhadap peserta didik. Ini bukan hanya berlaku di lembaga sekolah melainkan diluar lembaga formal sifat tersebut juga harus diterapkan dalam keseharian anak-anak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ana Rahmawati, Lc, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Etika Menuntut Ilmu Al-Kahfi Ayat 60-82.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Jan 2022 05:09
Last Modified: 08 Jan 2022 05:09
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item View Item