PERAN KELUARGA TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DI RT 28 RW 05 DUKUH SEKACER DESA SINANGGUL MLONGGO JEPARA

NASIKHUL UMAM, 141310003180 (2020) PERAN KELUARGA TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DI RT 28 RW 05 DUKUH SEKACER DESA SINANGGUL MLONGGO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 141310003180 - HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 141310003180 - BAB I.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 141310003180 - BAB II.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 141310003180 - BAB III.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 141310003180 - BAB IV.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 141310003180 - BAB V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 141310003180 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 141310003180 - LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendiskripsikan usaha apa yang dilakukan oleh keluarga terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak. (2) Untuk mendiskripsikan seberapa besar keberhasilan Pendidikan agama Islam pada anak. (3) Untuk mendiskripsikan hambatan-habatan yang dialami oleh keluarga dalam pelaksanaan Pendidikan agama Islam.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Dukuh Sekacer Desa Sinanggul Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, dan dokementasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Peniliti mengumpulkan data sambil melakukan kegiatan analisis sampai penarikan simpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Ada beberapa usaha yang telah dilaksanakan orang tua sudah tercapai dengan baik, adapun contohnya yaitu, selalu mengajari anak untuk belajar mengaji dirumah atau diserahkan Pak Ustadz/Kyai, mengulasnya hasil belajar dari sekolah untuk dipelajari kembali dirumah dengan orang tua sampai anak benar-benar faham, membiasakan anak untuk selalu berdo’a sebelum atau sesudah melakukan sesuatu, memberikan contoh kepada anak bersikap tauladan dalam segala hal, mengajari anak untuk sopan santun kepada semua orang. (2) Keberhasilan orang tua dalam mendidik anak-anaknya pada pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di lingkungan RT 28/05 tersebut ada beberapa yang sesuai dengan hasil penelitian yaitu, anak mengutakan sholat ketika terdengar adzan telah tiba, anak berbicara menggunakan bahasa krama alus setiap orang yang lebih tua darinya maupun sebaya, selalu meminta izin kepada orang tua bapak/ibu ketika akan melakukan sesuatu, sopan santun kepada semua orang, dan tidak pernah membantah apa yang diperintahkan orang tua. (3) Faktor penghambat dari proses pelaksanaan Pendidikan Agama Islam ini ada bebera dan yang paling banyak yaitu kedua orang tua yang sama-sama bekerja dan tidak adanya waktu mengulas atau mempelajari pembelajaran untuk anak. Setelah penelitian ini laksanakan dengan menggunakan teknik angket harapannya orang tua bapak/ibu bisa bersama-sama mementingkan proses pelaksanaan Pendidikan Agama Islam disela-sela kesibukannya bekerja agar nantinya anak bisa mendapatnya pendidikan secara maksimal dan bisa diharapkan kedua orang tua setelah dewasa nanti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Akhirin Ali, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Keluarga dan Pendidikan Agama Islam Pada Anak
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Jan 2022 04:39
Last Modified: 08 Jan 2022 04:39
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item