MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MTs ISLAMIC CENTER WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

BAMBANG KUNARTO, 172610000388 (2021) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MTs ISLAMIC CENTER WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 172610000388_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 172610000388_BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 172610000388_BAB I.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 172610000388_BAB II.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 172610000388_BAB III.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 172610000388_BAB IV.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 172610000388_BAB V.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 172610000388_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 172610000388_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan hal yang sangat penting bagi manusia sebagai penuntun untuk menjalani kehidupan yang sesuai dengan ajaran Islam. Terlebih pada masa pubertas, yaitu masa yang dianggap sebagai periode sensitif yang memiliki pengaruh sangat besar bagi kehidupan individu. Periode ini menandai perpindahan dari tahap anak-anak menjadi tahap dewasa. Oleh sebab itu peran serta kepemimpinan kepala madrasah serta guru sebagai pembimbing sangatlah penting dalam membentuk karakter.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tipologi karakter peserta didik? dan (2) Bagaimana pola kepemimpinan kepala madrasah dalam membentuk karakter peserta didik? dan (3) Bagaimana strategi Kepemimpinan Kepala madrasah MTs Islamic Center Welahan Jepara dalam membentuk karakter peserta didik?. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan kondisi tipologi peserta didik, (2) untuk mendeskripsikan pola kepemimpinan kepala madrasah dalam membentuk karakter peserta didik dan (2) untuk mendeskripsikan Manajemen Kepemimpinan Kepala madrasah MTs Islamic Center Welahan Jepara dalam membentuk karakter peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Islamic Center Welahan Jepara. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru Aqidah Akhlak. Obyek penelitian adalah strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam membentuk karakter peserta didik. Informan penelitian antara lain: kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, karyawan dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Tipologi karakter peserta didik MTs Islamic Center Welahan Jepara, adalah a) Ketawadhu’an Peserta Didik Terhadap Allah, b) Ketawadhu’an Peserta Didik Terhadap Guru dan Karyawan madrasah, c) Ketawadhu’an Peserta Didik Terhadap Teman Yang Lebih Tua, d) Ketawadhu’an Peserta Didik Terhadap Teman Sebaya di Madrasah (teman sekelas/se angkatan), e) Ketawadhu’an Peserta Didik Terhadap Teman Yang Lebih Muda di Madrasah (adik kelas) dan f) Ketawadhu’an Peserta Didik Dengan Alam Sekitarnya, (2) Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik MTs Islamic Center Welahan Jepara Adalah Kombinasi Antara Kharismatik Dan Demokratis dan (3) Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah MTs Islamic Center Welahan Jepara dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Bersikap Tawadhu’, yaitu: menentukan tujuan, integrasi ke dalam kurikulum, pembinaan dalam meningkatkan karakter peserta didik dan menciptakan lingkungan madrasah yang bernuansa Islami, membina karakter guru sebagai tangan panjang kepala madrasah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Barowi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajenem Kepemimpinan, Karakter Peserta Didik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Sosiologi dan Antropologi > 303 Proses Sosial > 303.34 Leadership/Kepemimpinan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Jan 2022 04:36
Last Modified: 08 Jan 2022 04:36
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item