IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HUDA BULUNGAN PAKIS AJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

MUHAMMAD SYAHID, 172610000379 (2020) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HUDA BULUNGAN PAKIS AJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
172610000379_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000379_BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000379_BAB II.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000379_BAB III.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000379_BAB IV.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000379_BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000379_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000379_Lampiran.pdf - Published Version

Download (649kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan supervisi akademik Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data (data reduction), menyajikan data (data display), dan menyimpulkan data (conclution drawing).
Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) untuk meningkatkan kinerja guru perlu adanya kompetensi supervisi yang baik meliputi perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. 2) ditemukannya faktor penghambat peningkatan kinerja guru seperti guru kurang memahami substansi Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, kurang maksimalnya guru menggunakan akses internet, sering tidak berfungsinya perangkat pembelajaran dan kurang adanya pelatihan pembelajaran. Sedangkan faktor pendukung peningkatan kinerja guru seperti integritas Kepala Madrasah, fasilitas yang cukup lengkap, strata pendidikan guru dan rekan kerja yang kooperatif. 3) hasil dari supervisi Kepala Madrasah ini dalam rangka meningkatkan kinerja guru yang lebih baik dari sebelumnya. Mulai dari kehadiran, keaktifan di kegiatan sekolah, pengerjaan perangkat pembelajaran dan pengajaran di kelas. Namun kinerja itu masih fluktuatif dan perlu pengawasan dan arahan secara berkesinambungan dari Kepala Madrasah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Subaidi, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Supervisi Akademik, Kepala Madrasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Jan 2022 04:35
Last Modified: 08 Jan 2022 04:35
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1525

Actions (login required)

View Item View Item