SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH WALISONGO KAYEN KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ABDUL ROHIM, 192610000722 (2021) SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH WALISONGO KAYEN KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 192610000722_COVER.pdf - Published Version

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 192610000722_BAB I.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 192610000722_BAB II.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 192610000722_BAB III.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 192610000722_BAB IV.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 192610000722_BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 192610000722_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 192610000722_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi kepribadian guru di Madrasah Tsanawiyah Walisongo kayen kabupaten pati. Rumusan masalah dalam makalah ini meliputi: (1) Bagaimana supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi kepribadian guru di Madrasah Tsanawiyah Walisongo Kayen Tahun Pelajaran 2020/2021?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kompetensi kepribadian guru di Madrasah Tsanawiyah Walisongo Kayen Tahun Pelajaran 2020/2021?, (3) Bagaimana hasil pengembangan kompetensi kepribadian guru melalui supervisi kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Walisongo Kayen Tahun Pelajaran 2020/2021?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian termasuk penelitian survei. Sumber data diperoleh melalui informasi dari kepala madrasah, waka kurikulum dan guru serta dokumen-dokumen yang relevan. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data kegiatannya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi kepala madrasah meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi mampu mengembangkan kompetensi kepribadian guru diantaranya adalah (a) Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia, (b) Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat, (c) Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, (d) Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi pendidik, dan rasa percaya diri, (e) Menjunjung tinggi kode etik profesi pendidik.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Moh. Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Madrasah, Kompetensi Kepribadian.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Jan 2022 04:15
Last Modified: 08 Jan 2022 04:15
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item