MUHAMMAD MUNIRUDDIN, 192610000721 (2021) MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM KAYEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 192610000721_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 192610000721_BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. 192610000721_BAB II.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
4. 192610000721_BAB III.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. 192610000721_BAB IV.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
6. 192610000721_BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. 192610000721_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. 192610000721_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan komptensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kayen, faktor pendukung dan penghambat manajemen supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan komptensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kayen, dan sejauh mana keberhasilan manajemen supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan komptensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kayen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kayen pada tahun pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan manajemen supervisi akademik dilakukan dengan mengadakan pembinaan terkait visi dan misi serta pengembangan bidang akademik, keterampilan manajerial, dan penguasaan teknologi informasi. 2) Teknik pengorganisasian yang digunakan adalah pengorganisasian gabungan, kerena lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi. 3) Pelaksanaan supervisi akademik madrasah terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. 4) Evaluasi supervisi akademik dilaksanakan pada awal semester. Evaluasi yang dilaksanakan adalah memeriksa kelengkapan administrasi pembelajaran. Kemudian hasil evaluasi ditindak lanjuti dengan pembinaan dan mengikutsertakan guru dalam kegiatan MGMP. 5) Faktor pendukung supervisi akademik kepala madrasah adalah pendidikan, pengalaman mengajar, pengalaman pelatihan, motivasi, dan supervisi akademik kepala madrasah. Sedangkan, faktor penghambatnya adalah kualifikasi pendidikan, kurangnya pengalaman mengajar dan pengalaman pelatihan, kurangnya motivasi, dan supervisi akademik kepala madrasah yang tidak teratur. 6) Keberhasilan manajemen supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum dapat dilihat dari kemampuan guru dalam memahami karakteristik peserta didik, guru mampu mengembangkan kurikulum sesuai dengan situasi dan kondisi, guru mampu memanfaatkan teknologi informasi, guru dapat melakukan penilaian, yang mana hasil penilaian itu digunakan sebagai acuan untuk mengetahui hasil belajar dan juga minat belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Subaidi, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Manajemen; Supervisi Akademik |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 08 Jan 2022 04:14 |
Last Modified: | 08 Jan 2022 04:14 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1518 |