MANAJEMEN PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN JASA PENDIDIKAN DI MTs NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN 2019/2020

BUSROL HAFFI, 172610000469 (2020) MANAJEMEN PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN JASA PENDIDIKAN DI MTs NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 172610000469_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 172610000469_BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 172610000469_BAB II.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 172610000469_BAB III.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 172610000469_BAB IV.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 172610000469_BAB V.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 172610000469_DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah manajemen peningkatan loyalitas pelanggan jasa pendidikan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun 2019/2020? (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen peningkatan loyalitas pelanggan jasa pendidikan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun 2019/2020?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan (field research) yang dilaksanakan di MTs NU Miftahul Falah. Tempat tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret manajemen peningkatan loyalitas pelanggan jasa pendidikan. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dan dicek secara berkala dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen peningkatan loyalitas pelanggan jasa pendidikan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yakni pelanggan jasa pendidikan harus loyal dan semangat tinggi dalam memberikan layanan yang baik dan loyalitas tinggi terhadap siswa belajar di madrasah. Mendidik siswa dengan harapan meningkatkan mutu pembelajaran, juga memberikan respon baik terhadap jasa pendidikan, layanan baik dan fasilitas yang ada di madrasah bisa senantiasa dipakai untuk menambah wawasan pendidikan siswa, loyalitas guru pada madrasah dalam memberikan pembelajaran kepada siswa, mengembangkan pola pikir siswa ketika menerima materi yang disampaikan, dan juga out put siswa dapat memberikan kepuasan dalam belajar di madrasah demi kualitas layanan pendidikan terhadap siswa. Layanan kepada pelanggan pendidikan atau kepada siswa memang diutamakan sebagai langkah guru berkomitmen dan loyalitas tinggi terhadap madrasah. (2) Faktor faktor yang mempengaruhi manajemen peningkatan loyalitas pelanggan jasa pendidikan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yakni komitmen dan loyalitas guru terhadap pembelajaran di madrasah, kesetiaan siswa terhadap pembelajaran guru, guru mampu mengoptimalkan pembelajaran dikelas, mengajak siswa memahami materi yang ada di lember kerja siswa, mengedepankan ide-ide demi perkembangan pendidikan, mereka memiliki perhatian dan menghargai waktu dalam menyampaikan materi kepada siswa. Salah satunya mutu dan kualitas layanan pada pelanggan pendidikan, memberikan layanan dengan baik kepada siswa sebagai penerima materi pembelajaran dan loyalitas pelanggan pendidikan, dan menajdikan nyaman dalam belajar agar mereka puas dalam menerima materi pelajaran selama mengenyam pendidikan di madrasah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd.. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Loyalitas pelanggan, jasa pendidikan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:49
Last Modified: 06 Jan 2022 07:49
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item View Item