PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH DASAR UNGGULAN TERPADU BUMI KARTINI KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

AFIDATUN NADIFAH, 192610000648 (2021) PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH DASAR UNGGULAN TERPADU BUMI KARTINI KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 192610000648_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 192610000648_BAB I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 192610000648_BAB II.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 192610000648_BAB III.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 192610000648_BAB IV.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 192610000648_BAB V.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 192610000648_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 192610000648_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Unggulan Terpadu Bumi Kartini Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam tesis ini 1) Bagaimana pendidikan karakter disiplin melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Unggulan Terpadu Bumi Kartini Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021?, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter disiplin melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Unggulan Terpadu Bumi Kartini Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021? 3) Sejauhmana hasil pendidikan karakter disiplin melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Unggulan Terpadu Bumi Kartini Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021?
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian deskrifptif analitik. Data dan sumber data berupa data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yag terkumpul akan dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir verifikasi /penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) Pendidikan karakter disiplin melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: a) Perencanaan pembelajaran, dalam bentuk pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), b) Pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada pandemi covid-19 ini, pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh atau daring, c) Evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dalam Pendidikan Agama Islam meliputi: input (masukan), process (proses), output (hasil), dan outcome (dampak). 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter disiplin melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain: a) Faktor pendukung: kelengkapan fasilitas yang mendukung pembelajaran, kedisiplinan guru, kerjasama wali kelas dan wali murid, b) Faktor penghambat adalah guru tidak bisa memantau kegiatan siswa secara maksimal, adanya wali murid yang tidak mendukung proses pembelajaran. 3) Hasil pendidikan karakter disiplin melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dilihat dari peserta didik yang telah melaksanakan pembiasaan pendidikan karakter di rumah tanpa adanya perintah atau pantauan dari orang tua maupun guru.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Disiplin, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:00
Last Modified: 06 Jan 2022 07:00
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item View Item