MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DALAM PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HUDA DONGOS KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ASFI RIHLAH, 172610000398 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DALAM PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HUDA DONGOS KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 172610000398_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 172610000398_BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 172610000398_BAB II.pdf - Published Version

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 172610000398_BAB III.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 172610000398_BAB IV.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 172610000398_BAB V.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 172610000398_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 172610000398_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa munculnya kesadaran mengaplikasikan pendidikan karakter di sekolah termasuk dalam pembelajaran di kelas, dilatarbelakangi adanya fenomena degradasi moralitas generasi muda saat ini. Melalui penguatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran diharapkan dapat dilahirkan peserta didik yang memiliki sifat, watak, kepribadian dan keadaan batin manusia sesuai dengan nilai-nilai yang dianggap luhur dan terpuji.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisi perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meninguatkan nilai-nilai karakter peserta didik serta hasil peningkatan nilai-nilai karakter peserta didik melalui manajemen pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Dongos Kedung Jepara Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan studi kasus dengan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer bersumber: Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Al-Qur’an Hadits, Wali Kelas dan siswa MTs. Miftahul Huda Dongos Jepara. Sedangkan sumber sekunder berasal dari buku, jurnal ilmiah, dokumen atau berbagai tulisan ilmiah yang mendukung dan berkaitan dengan judul tesis ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini: 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik análisis data yang meliputi: 1) Reduksi Data (Data Reduction); 2) Penyajian Data (Data Display); dan 3) Verifikasi (Clonclusion Drawing). Uji kredibilitas data meliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan nilai-nilai karakter siswa di MTs. Miftahul Huda Dongos Jepara telah dilaksanakan oleh guru dengan baik. Ini ditunjukkan dari: a) guru dalam perencanaan telah menyusun administrasi pembelajaran, b) guru dalam pelaksanaan pembelajaran melakukan tiga kegiatan, yaitu pendahuluan, inti dan penutup yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter, c) Evaluasi dilaksanakan melalui pengamatan guru dengan rubrik penilaian dan melakukan pembimbingan, dan d) Tindak lanjut dengan memberikan program remidi dan pengayaan. 2) Hasil peningkatan nilai-nilai karakter peserta didik melalui manajemen pembelajaran dapat dikatakan baik. Hal ini terlihat dari beberapa pencapaian indikator karakter siswa yaitu meningkatnya nilai karakter religus, siswa mampu mempraktekkan sikap jujur, menunjukkan karakter mandiri, karakter kerja keras, karakter rasa ingin tahu, karakter kesederhanaan, dan tumbuhnya karakter bersahabat dan komunikatif siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Mustaqim, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran, Al-Qur’an Hadits, Nilai Karakter
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:50
Last Modified: 05 Jan 2022 03:50
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1430

Actions (login required)

View Item View Item