IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RETINA SISWATI, 192610000651 (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 192610000651_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 192610000651_BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 192610000651_BAB II.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 192610000651_BAB III.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 192610000651_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 192610000651_BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 192610000651_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 192610000651_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi model pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik peserta didik. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah a) bagaimana implementasi model pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021? b) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik peserta didik melalui implementasi model pembelajaran teaching factorySekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021? c) Sejauhmana hasilpeningkatan kompetensi psikomotorik peserta didik melalui implementasi model pembelajaran teaching factorySekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021?
Penelitian menggunakan pendekatakan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah deskriptif analitik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yag terkumpul akan dianalisi dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : a) implementasi model pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik peserta didik meliputi 3 komponen yaitu : (1) Produk,(2) Jadwal Blok, (3) Job Sheet b) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik peserta didik adalah (1) faktor pendukung yaitu :, manajemen sekolah yang mampu berperan sebagai stimuator atau penggerak kinerja institusi sehingga berkomitmen mengembangkan pembelajaran teaching factory, (2) faktor penghambat yaitu: kurangnya sosialisasi pembelajaran teaching factory, masih adanya tenaga pengajar yang berada pada zona nyamannya, pembelajaran teoribelum menerapkan metode atau model pembelajaran yang sesuai sehingga cenderung monoton dan membosankan di dalam kelas. c) Hasil peningkatan kompetensi psikomotorik peserta didik yaitu: proses pembelajaran praktik dilakukan berdasarkan prosedur kerja yang sesungguhnya (real job),pembelajaran teaching factory dilakukandengan cara learning by doing, kegiatan pembelajaranteaching factory menghasilkan pembelajaran yang berlangsung berpusat pada peserta didik(student active learning).

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Moh. Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd. Dr.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Psikomotorik, Teaching Factory
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:37
Last Modified: 03 Jan 2022 04:37
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item View Item