EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA MATA PELAJARAN PAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KEMBANG

FATKHIYATUL ROHIS ZUNAIDA, 161310003730 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA MATA PELAJARAN PAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KEMBANG. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 161310003730_COVER.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 161310003730_BAB I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 161310003730_BAB II.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 161310003730_BAB III.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 161310003730_BAB IV.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 161310003730_BAB V.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 161310003730_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 161310003730_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Generatif Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kembang.
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang dibahas, yaitu efektivitas model pembelajaran generatif sebagai variabel pengaruh (variabel X) dan hasil belajar mata pelejaran pendidikan agama islam sebagai variabel terpengaruh (Variabel Y).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest Control Group design. Sampel penelitian ini adalah XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol, yang setiap kelompok terdiri dari 15 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simpel random sampling. Dan untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar Pendidikan Agama Islam digunakan tes berupa tes essay dan true/false, dan untuk mengumpulkan data tentang keadaan proses belajar mengajar di kelas menggunakan observasi dan dokumentai berupa daftar nama siswa.
hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pada kelas kontrol untuk pre test adalah 53,13 dan 68,47 pada post-test. Standar deviasi pretest 11,307, posttest kelas kontrol 7,130. Skor rata-rata di kelas eksperimen untuk pretest adalah 59,40 dan 81,27 di post-test. Standar deviasi pretest dan posttest kelas Eksperimen adalah 12.988 dan 7.130. Total skor rata-rata post-test lebih tinggi dari total skor rata-rata pada pre-test (81.27˂ 68,47). Hasil uji Independent sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 ˂ 0,05). Hal ini menunjukkan H0 ditolak dengan interpetasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran generatif lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan model konvensional yaitu ceramah Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran generatif efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI SMA N 1 KEMBANG di tahun akademik 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nusrotus Sa`idah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Model Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:44
Last Modified: 04 Jan 2022 07:44
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1417

Actions (login required)

View Item View Item