METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF AL QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

AHMAD JUNARDI, 161310003576 (2020) METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF AL QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161310003576_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003576_BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003576_BAB II.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003576_BAB III.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003576_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003576_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003576_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003576_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 telah melahirkan era baru dengan peradaban baru. Perubahan era ini tidak dapat dihindari oleh siapapun sehingga dibutuhkan persiapan yang matang dan memadai agar siap menghadapi tantangan jaman dan mampu bersaing dalam skala global. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui jalur pendidikan. Tugas utamanya adalah membekali generasi muda dengan kompetensi yang diperlukan di era revolusi industri 4.0, meliputi: 1) keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking Skills), 2) keterampilan berpikir kreatif (Creative Thinking Skills), 3) keterampilan komunikasi (Communication skills), dan 4) keterampilan kolaborasi (Collaboration skills). Tugas utama pendidikan ini sangat terkait dengan penggunaan metode pembelajaran. Sejauhmana metode pembelajaran mampu mengembangkan kompetensi abad 21 peserta didik. Di sinilah pendidikan Islam harus kembali kepada perspektif Al Qur’an. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana metode pembelajaran perspektif Al Qur’an, dan 2) Bagaimana relevansi metode pembelajaran perspektif Al Qur’an dengan pendidikan di era revolusi industri 4.0.
Hasil dari penelitian ini adalah banyak ditemukan ayat-ayat Al Qur’an, baik tersurat atau tersirat yang mencontohkan metode-metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam dunia pendidikan, antara lain dalam Surat Al Alaq 1-5 mensiratkan metode literasi, Surat Al Maidah Ayat 31 merupakan contoh penerapan metode demonstrasi, sedang Surat Al Ankabut Ayat 20 mensiratkan metode riset. Dari semua metode pembelajaran yang tertuang dalam Al Qur’an tersebut memiliki relevansi dengan pendidikan era revolusi industri 4.0. Dimana metode-metode pembelajaran tersebut dapat mengembangkan 4 kompetensi dasar yang dibutuhkan di abad 21.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ana Rahmawati, Lc., M. Hum
Uncontrolled Keywords: Era Revolusi Industri 4.0., Metode Pembelajaran Perspektif Al Qur’an, Metode Literasi, Metode Demonstrasi, Metode Riset
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:07
Last Modified: 04 Jan 2022 03:07
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item