PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SMK NEGERI 1 BATEALIT JEPARA

IIS ANJARWASIH, 161310003600 (2020) PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SMK NEGERI 1 BATEALIT JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161310003600_cover.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003600_bab i.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003600_bab ii.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003600_bab iii.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003600_bab iv.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003600_bab v.pdf - Published Version

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003600_daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003600_lampiran.pdf - Published Version

Download (37MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMK Negeri 1 Batealit Jepara. (2) Menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMK Negeri 1 Batealit Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitian, yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data (reduction), penyajian data (data display), dan conclusion drawing/ verification.
Hasil penelitian ini: (1) Pembelajaran PAI berbasis HOTS dilaksanakan dengan menggunakan kurikulum 2013 revisi. Peserta didik tidak hanya dituntut memahami materi, tetapi mampu mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi. Proses pembelajaran lebih menekankan pengalaman dalam kehidupan dan belajar menganalisis fakta di lingkungan sebenarnya. Sehingga peserta didik kreatif dan kritis menganalisis, menanggapi, mengevaluasi, menyimpulkan, dan mencipta. Metode dan media pembelajaran disesuaikan dengan tujuan dan materi pembelajaran. Selama pembelajaran peserta didik lebih aktif dan pendidik sebagai fasilitator. Pendidik memberi kesempatan pada peserta didik untuk mengutarakan jawaban dengan kata-kata sendiri disertai bukti. Pendidik mengevaluasi hasil diskusi dan proses pembelajaran bersama peserta didik. Penilaian yang digunakan bervariasi, baik berbentuk tes lisan, tertulis, portofolio, maupun tugas kelompok. Peserta didik diberikan tugas mengamalkan materi yang dipelajari. (2) Faktor pendukung pembelajaran PAI berbasis HOTS, yaitu pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan tujuan materi dan tujuan pendidikan, kesempatan peserta didik untuk diskusi dan tanya jawab, metode dan media pembelajaran yang digunakan bervariasi, keaktifan peserta didik (student center), serta sikap demokratis Bapak dan Ibu guru PAI kepada semua peserta didik. Adapun faktor penghambatnya, yaitu kekurangsiapan menghadapi kurikulum 2013, ada materi pembelajaran yang kurang disesuaikan dengan pengalaman peserta didik, rasa malas beberapa peserta didik mencari referensi materi sebelum pembelajaran, beberapa peserta didik sulit memahami dan kurang mengamalkan materi, ada sistem penilaian yang kurang bervariasi, dan tugas kurang disesuaikan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Santi Andriyani, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:01
Last Modified: 04 Jan 2022 03:01
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item