PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS VII MTs. DARUL HUDA KARANGGONDANG MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NURUL HUDA, 131310001022 (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS VII MTs. DARUL HUDA KARANGGONDANG MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1.131310001022_COVER.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.131310001022_BAB I.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.131310001022_BAB II.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.131310001022_BAB III.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.131310001022_BAB IV.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.131310001022_BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.131310001022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.131310001022_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs. Darul Huda Karanggondang Mlonggo Jepara, 2. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs. Darul Huda Karanggondang Mlonggo Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research) yang berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif artinya penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenahi keadaan saat ini, dan melihat kaitan antara variabel-variabel yang ada.
Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru BTA, siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs. Darul Huda Karanggondang Mlonggo dapat dikatakan baik, sebab pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an meliputi: pra pembelajaran atau sebelum pembelajaran yaitu dengan mengabsen siswa, melakukan appersepsi. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan aktif, ketiga mengadakan evaluasi pembelajaran dengan memberikan tugas atau mengerjakan PR. 2. Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs. Darul Huda Karanggondang Mlonggo meliputi: 1) Faktor pendukung adalah kepala sekolah yang melakukan supervisi, guru yang menguasai materi pelajaran, keaktifan siswa, tersedianya media pembelajaran, metode pembelajaran yang efektif. 2) faktor penghambat adalah lemahnya minat, perhatian, kemampuan, motivasi siswa, dan waktu pelajaran yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Azzah Noor Laila, S.Th.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an MTs. Darul Huda Karanggondang Mlonggo
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:55
Last Modified: 04 Jan 2022 02:55
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item