METODE DAKWAH SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PEMBELAJARANNYA DALAM KURIKULUM 2013

NI’MATUL MAULIDAH, 161310003731 (2020) METODE DAKWAH SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PEMBELAJARANNYA DALAM KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 161310003731_COVER.pdf - Published Version

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 161310003731_BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 161310003731_BAB II.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 161310003731_BAB III.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 161310003731_BAB IV.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 161310003731_BAB V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 161310003731_DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana metode dakwah Sunan Kalijaga. (2) Untuk mengetahui relevansi metode dakwah Sunan Kalijaga dengan metode pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan beberapa metode yang relevan dengan tema kajian di atas, antara lain : 1) metode historis, dan 2) metode content analisys. Dalam menggali sumber konsep dan bahan-bahan yang dibutuhkan skripsi ini dan mengingat bidang studi serta masalah dan fenomena yang ada, maka jenis penelitian yang penulis gunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan pendekatan penelitian library research,yaitu suatu pendekatan dengan menggali informasi bacaan dari buku literature, skripsi, atau lainnya yang memiliki relevansi dengan tema kajian. Penulis menggunakan sumber data primer buku “Dakwah Sunan Kalijaga (Penyebaran Agama Islam di Jawa Berbasis Kultural)” dan sumber lainnya yang relevan dengan tema kajian ini. Sesuai dengan sifat dan jenis data yang diperoleh, maka teknik analisa data yang dipergunakan adalah content analysis, yaitu suatu teknik analisa data yang digunakan untuk mengkaji isi atau objek kajian. Berdasarkan analisis tersebut menunjukkan bahwa metode yang diterapkan Sunan Kalijaga dalam menyampaikan proses Islamisasi di Jawa yaitu menggunakan metode pendekatan kultural yakni sesuai kultur budaya masyarakat dengan menggunakan media wayang, upacara tradisi dan tembang Jawa. Sedangkan metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013 yaitu menggunakan metode kolaborasi, metode kelompok, metode individu, metode teman sebaya serta menggunakan media dan teknologi modern. Apabila dua metode tersebut dikaitkan masih saling berkaitan hanya saja media yang diterapkan karena kebudayaan Islami sudah terkalahkan dengan teknologi modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khalimatus Sadiyah, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah Sunan Kalijaga, Metode Pembelajaran Kurikulum 2103, Relevansinya.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.2 Dakwah
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:38
Last Modified: 03 Jan 2022 04:38
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item