PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS ENAM MI TERPADU IBNU SINA KEMBANG TAHUN 2019

DIAH AYU WINDASARI, 141310003071 (2020) PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS ENAM MI TERPADU IBNU SINA KEMBANG TAHUN 2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003071_cover.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003071_BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003071_BAB II.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003071_BAB III.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003071_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003071_BAB V.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003071_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penerapan metode diskusi dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ibnu Sina Kembang-Jepara tahun 2019 dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode diskusi dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ibnu Sina Kembang-Jepara tahun 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengguunakan metode kualitatif deskriptif. Sebagaimana judul yang ada, lokasi penelitian adalah kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ibnu Sina Kembang Jepara. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode diskusi dalam mata pelajaran akidah akhlak di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ibnu Sina Kembang-Jepara tahun 2019 menggunakan model cooperative learning (pembelajaran kooperatif) dengan mencampurkan siswa yang memiliki tingkat kemampuan tinggi dengan siswa yang memiliki tingkat kemampuan lebih rendah. Hasilnya adalah Pembelajaran kooperatif tampak berjalan baik, muncul rasa percaya diri pada siswa yang berkapasitas rendah, diskusi lebih merata dengan terlibatnya seluruh kelompok. Sementara itu Faktor pendukung dalam penerapan metode diskusi dalam mata pelajaran akidah akhlak di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ibnu Sina Kembang-Jepara tahun 2019 adalah jumlah siswa hanya berjumlah 30 anak, siswa dengan kecerdasan baik lebih banyak dari pada siswa dengan kecerdasan level bawah, tersedianya media pembejalaran dan fasilitas lainnya di kelas, dan kompetensi guru yang memadai. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan metode diskusi dalam mata pelajaran akidah akhlak di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ibnu Sina Kembang-Jepara tahun 2019 adalah perbedaan kemampan siswa dan durasi waktu yang kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Noor Rohman, B.Ed., MA.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Metode Diskusi, Cooperative Learning.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:57
Last Modified: 28 Dec 2021 03:57
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item