PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA YANG BERASAL DARI MTS DENGAN SISWA YANG BERASAL DARI SMP (Studi Kasus Kelas X Di Ma Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara)

MUHAMMAD ATTHOR EL KHOER, 161310003593 (2020) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA YANG BERASAL DARI MTS DENGAN SISWA YANG BERASAL DARI SMP (Studi Kasus Kelas X Di Ma Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161310003593_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003593_BAB I.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003593_BAB II.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003593_BAB III.pdf - Published Version

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003593_BAB IV.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003593_BAB V.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003593_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003593_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP studi kasus kelas X di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara, sedangkan objek penelitian adalah prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa yang berasal dari MTs dan siswa yang berasal dari SMP. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal SMP. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai untuk semua mata pelajaran PAI siswa yang berasal dari MTs lebih tinggi dari rata-rata nilai mata pelajaran PAI siswa yang berasal dari SMP. Akan tetapi perbedaan tersebut tidak begitu signifikan karena rentang nilai rata-rata antara siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP tidak sampai mendekati 10 poin. Perbedaan prestasi belajar siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya minat dan motivasi serta disiplin belajar siswa. Faktor Eksternal diantaranya faktor sosial yang terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Adapun upaya yang dapat dilakukan guru agar prestasi belajar siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP tidak ada perbedaan diantaranya meningkatakan metode pembelajaran yang menarik, menambah media atau sumber pembelajaran yang digunakan, memberikan bimbingan belajar atau tambahan belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi dan melakukan remidi kepada siswa yang nilainya belum mencapai KKM. Dengan adanya penelitian ini penulis mengharapkan madrasah dapat menambah dan meningkatkan fasilitas yang mendukung pembelajaran, guru meningkatkan metode dan media pembelajaran dan siswa termotivasi untuk giat belajar agar prestasi belajarnya terutama mata pelajaran PAI semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : SUKARMAN, M.PD.I
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Mata Pelajaran PAI, Siswa Berasal Dari MTs, Siswa Berasal Dari SMP
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:12
Last Modified: 28 Dec 2021 03:12
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1198

Actions (login required)

View Item View Item