MEDIA PROMOSI SEJARAH R.A. KARTINI DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN WISATAWAN

ULUL ARKHAM, 171240000682 (2021) MEDIA PROMOSI SEJARAH R.A. KARTINI DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN WISATAWAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171240000682_COVER.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171240000682_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171240000682_BAB II.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171240000682_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171240000682_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171240000682_BAB V.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171240000682_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171240000682_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

R.A. Kartini adalah salah satu pahlawan Indonesia yang memperjuangkan hak dan menginspirasi bagi perempuan. Museum Raden Ajeng Kartini berada di utara alun-alun Jepara, Museum menjadi salah satu tempat edukasi sejarah, yang Dalam penyampaian informasi menggunakan barang, foto dan tulisan sebagai keterangan, Museum melakukan promosi melalui media daring, dan website serta brosur dengan melibatkan para pengunjung atau wisatawan, media daring dan brosur tersebut memberikan informasi mengenai Museum R.A. Kartini secara spesifik. Namun informasi pada media sosial dan brosur yang tidak actual karena bersifat sementara juga sering diubah yang menyebabkan tidak ada umpan balik atau hanya satu arah dimana pengunjung atau wisatawan hanya membaca dan mengamati saja. Sehingga sejarah R.A. Kartini sebagai inspirasi kaum perempuan tidak tersampaikan dengan jelas ke masyarakat. Sehingga dari permasalahan tersebut perlu suatu aplikasi media promosi sejarah R.A. Kartini yang interaktif yang dapat menyampaikan sejarah R.A. Kartini secara langsung ke masyarakat atau pengunjung di Museum Kartini dan mampu menarik minat masyarakat untuk mengenang sejarah R.A. Kartini, oleh sebab itu peneliti ingin membuat Aplikasi media promosi menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Metode pembuatan aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu RAD (Rapid Application Development) dengan menggunakan Pemodelan UML (Unified Modeling Language). Hasil dari aplikasi Augmented Reality ini berupa aplikasi “Jelajah Sejarah R.A. Kartini” yang dapat menampilkan video audio sejarah singkat R.A. Kartini dari Masa Kecil, Masa Muda, dan Masa dewasa. aplikasi ini perlu ditambahkannya video tentang Museum R.A. Kartini, tidak hanya sejarah R.A. Kartini saja dan marker yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Adi Sucipto, M. Kom. Pembimbing II : Nadia Annisa Maori, M. Kom.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Kartini, Sejarah R.A. Kartini, Museum, Edukasi, Interaktif, Jepara.
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android)
000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.242 Kode Bar, Barkod
000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.6 Komputer Grafis, Grafika Komputer
000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:00
Last Modified: 27 Dec 2021 03:00
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item