ENDAH AMALIA, 131310000750 (2020) IMPLEMENTASI TUGAS KEPALA MADRASAH SEBAGAI PIMPINAN PENDIDIKAN DI MAN 1 JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
1. 131310000750_COVER.pdf - Published Version Download (759kB) | Preview |
|
|
Text
2. 131310000750_BAB I.pdf - Published Version Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
3. 131310000750_BAB II.pdf - Published Version Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
4. 131310000750_BAB III.pdf - Published Version Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
5. 131310000750_BAB IV.pdf - Published Version Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
6. 131310000750_BAB V.pdf - Published Version Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
7. 131310000750_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
8. 131310000750_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (427kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan tugas kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MAN 1 Jepara. (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tugas kepala madrasah sebagai pimpinan pendidikan di MAN 1 Jepara.
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang dibahas, yaitu tugas kepala madrasah Sebagai variabel pengaruh (variabel X) dan pimpinan pendidikan sebagai variabel terpengaruh (variabel Y).
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data tentang Tugas Kepala Madrasah digunakan metode wawancara, dan untuk mengumpulkan data tentang Pimpinan Pendidikan digunakan observasi secara langsung dan tidak langsung.
Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, deduktif dan induktif. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa: (1). Kepala madrasah telah melaksanakan tugas sebagai pimpinan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MAN 1 Jepara dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan melaksanakan tugas sebagai pendidik, mengubah pola manajemen, meningkatkan kinerja guru dan staff, memberikan evaluasi dalam kajian pencapaian,menanamkan sifat murobbiyah, melakukan inovasi, membimbing dan memotivasi murid agar percaya diri. (2) Pimpinan pendidikan di MAN 1 Jepara adalah baik. Hal ini dibuktikan dari keberhasilan mengatur suasana kerja, mengatur lingkungan kerja dan kemampuan menetapkan prinsip penghargaan dan hukuman. (3) Ada faktor pendorong dan faktor penghambat tugas kepala madrasah sebagai pimpinan pendidikan di MAN 1 Jepara. Terbukti dari hasil analisis kualitatif meningkatnya kualitas pendidikan di MAN 1 Jepara dengan dukungan dari diri pemimpin, infrastrukture yang baik sebagai pendukung sarana belajar, lingkungan madrasah yang bekerja keras dalam mewujudnya tujuan madrasah. dan adanya hambatan dalam melaksanakan tugas kepala madrasah sebagai pimpinan pendidikan terbukti dari keadaan lingkungan yang masih ditemukan beberapa anak yang tidak melanjutkan sekolah setelah lulus madrasah aliyah, keadaan wali yang belum siap melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi, adminitrasi yaitu keterbatasan ekonomi yang menghambat murid untuk meraih cita-cita yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Tugas Kepala Madrasah, Pimpinan Pendidikan. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:31 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:31 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |