LAYYINATUSH SHIFAH, 151310003530 (2020) STRATEGI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SANTI DI PONDOK PESANTREN MARIYATUL QIBTIYAH BUGEL KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003530_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003530_BAB I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003530_BAB II.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
151310003530_BAB III.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
151310003530_BAB IV.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003530_BAB V.pdf - Published Version
Download (834kB) | Preview
151310003530_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003530_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan tentang strategi program tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan santri di pondok pesantren Mariyatul Qibtiyah Bugel Kedung Jepara. (2) Untuk mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat program tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan hafalan santri di pondok pesantren Mariyatul Qibtiyah Bugel Kedung Jepara. (3) Untuk mendeskripsikan tentang upaya yang dilakukan pengasuh untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan strategi program tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan santri di pondok pesantren Mariyatul Qibtiyah Bugel Kedung Jepara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah pengasuh, pembantu pengasuh, pengurus pondok, ustadzah, dan santri di pondok pesantren Mariyatul Qibtiyah Bugel Kedung Jepara. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Melalui data yang diperoleh Strategi program tahfidz al-Qur’an pondok pesantren Mariyatul Qibtiyah Bugel Kedung Jepara dibagi menjadi beberapa kategori strategi, yaitu: pertama, strategi substantive yang meliputi pelaksanaan dan penyempurnaan manajemen tahfidz al-Qur’an dengan menentukan materi tahfidz dan menentukan jam pembelajaran tahfidz al-Qur’an. Kedua, strategi bottom-up yang meliputi mengaktifkan dan memperkuat peran ustadzah serta memilih tempat dan lingkungan yang kondusif. Ketiga, strategi deregulatory yang meliputi penyempurnaan mekanisme dan metode tahfidz al-Qur’an dengan penguasaan dan penggunaan metode secara bergantian dan terencana. Keempat, strategi cooperative yang meliputi kegiatan pertemuan dengan orang tua/wali santri dan kegiatan pembentukan psikologi dan motivasi dari pengasuh. (2) Faktor pendukung dan penghambat program tahfidz. Pertama, faktor pendukung yang meliputi: Faktor kemampuan, motivasi dari orang tua, dan ustadzah yang selalu ada. Kedua, faktor penghambat yang meliputi: tidak disiplin, banyak tugas, dan waktu yang cenderung sempit, serta persepsi individu yang meliputi rasa malas dan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Muhammad Natsir, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Program Tahfidz, Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:27 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:27 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1138 |