NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN ISLAM (Studi Analisis Kepemimpinan Umar Bin Khattab)

ZAHROTUL MUNIROH, 161310003558 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN ISLAM (Studi Analisis Kepemimpinan Umar Bin Khattab). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
16131000358_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16131000358_BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16131000358_BAB II.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16131000358_BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16131000358_BAB IV.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16131000358_BAB V.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16131000358_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16131000358_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kepemimpinan Umar bin Khattab. (2) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kepemimpinan Umar bin Khattab dengan pendidikan karakter di era revolusi industri 4.0.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menekankan pada kajian pustaka (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode dokumentasi. Untuk mengumpulkan data tentang nilai-nilai pendidikan karakter dan untuk mengumpulkan data tentang kepemimpinan Umar bin Khattab.

Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kepemimpinan Umar bin Khattab meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan atau nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, serta tanggung jawab. (2) Relevansi pendidikan karakter yang terkandung dalam kepemimpinan Umar bin Khattab dengan pendidikan di era revolusi industri 4.0 telah relevan dengan tujuan pendidikan di Indonesia yaitu membentuk watak peserta didik. Penerapan pendidikan karakter dilaksanakan dalam pembelajaran peserta didik melalui metode kisah keteladanan, yaitu meneladani karakter-karakter yang terdapat dalam kepemimpinan Umar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan karakter, kepemimpinan, Umar bin Khattab
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:25
Last Modified: 27 Dec 2021 02:25
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1134

Actions (login required)

View Item View Item