PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI. ROUDLOTUS SIBYAN SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA

AKHMAD SYUKRON, 151310003473 (2020) PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI. ROUDLOTUS SIBYAN SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151310003473_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003473_BAB I.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003473_BAB II.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003473_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003473_BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003473_BAB V.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003473_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003473_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: 1.Untuk menjelaskan mutu pendidikan agama Islam MI. Roudlotus Sibyan Sowan Kidul Kedung Jepara 3.Untuk mendeskripsikan peran serta masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam di MI. Roudlotus Sibyan Sowan Kidul Kedung Jepara.
Metode analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang sudah tersedia dari berbagai sumber yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi dengan mengadakan reduksi data, yaitu data-data yang diperoleh di lapangan dirangkum dengan memilih hal-hal yang pokok serta disusun lebih sistematis, sehingga mudah dikendalikan
Hasil penelitian ini adalah 1. Mutu Pendidikan Agama Islam di MI. Roudlotus Sibyan Sowan Kidul Kedung Jepara sudah cukup bagus namun semua itu juga ada kekurangan dan kelebihannya, diantara kelebihannya adalah sistem dari pendidikan yang ada sudah sesuai dengan rancangan dari kurikulum dari Kemenag dan menggunakan ketentuan dari Diknas yang ada. Tenaga pengajar yang ada juga sudah sesuai dengan kriteria yang diharapkan dari pihak lembaga ini. Namun dari segi kekurangannya adalah penerapan terhadap proses pembelajaran yang ada di MI. Roudlotus Sibyan Sowan Kidul, dalam penerapan Kurikulum 13 ini Guru banyak salah kaprah, karena beranggapan dengan kurikulum 2013 guru tidak perlu menjelaskan materi kepada siswa di kelas, padahal banyak mata pelajaran yang harus tetap ada penjelasan dari guru, Guru-guru yang belum siap secara mental dengan kurikulum 2013 ini, karena kurikulum ini menuntut guru lebih kreatif, pada kenyataannya sangat sedikit para guru yang seperti itu, sehingga membutuhkan waktu yang panjang agar bisa membuka cakrawala berfikir guru, Kurangnya pemahaman guru dengan konsep pendekatan scientific, Kurangnya ketrampilan guru merancang RPP Guru tidak banyak yang menguasai penilaian autentik, Tugas menganalisis SKL, KI, KD buku siswa dan buku guru belum sepenuhnya dikerjakan oleh guru, dan banyaknya guru yang hanya menjadi plagiat dalam kasus ini. Selain itu dari segi siswa atau peserta didik juga yang tidak seluruhnya mengerti dengan tujuan dari pembelajaran yang telah dilakukan dan diterapkan oleh guru pengajar, khususnya guru PAI. 2.Peran serta Masyarakat dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di MI. Roudlotus Sibyan Sowan Kidul Kedung Jepara, adalah dengan pengadaan Jimpitan, memberikan sarana dan prasarana sekolah, penyediaan tempat pembelajaran, memberikan bantuan untuk ekstrakurikuler, menyediakan konsumsi bagi guru, pelaksanaan rapat dan partisipasi dalam pengawasan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Saefudin,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Serta Masyarakat, Mutu Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:25
Last Modified: 27 Dec 2021 02:25
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item