EVALUASI HASIL BELAJAR FIQIH (Studi Deskriptif Pada Guru Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri Jepara)

LILIK MABRURI, 131310001764 (2020) EVALUASI HASIL BELAJAR FIQIH (Studi Deskriptif Pada Guru Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 131310001764_COVER.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 131310001764_BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 131310001764_BAB II.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 131310001764_BAB III.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 131310001764_BAB IV.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 131310001764_BAB V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 131310001764_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 131310001764_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey lapangan dengan menggunakan metode wawancara secara langsung kepada obyek penelitian, yaitu guru-guru Fiqh di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri Jepara. Serta menggunakan metode observasi langsung di Madrasah Aliyah yang sedang diteliti.
Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknis analisis deskriptif, dimana penulis temukan kesimpulan bahwa alat yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar fiqih di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri Jepara sangat bervariasi, tergantung situasi dan kondisi dilapangan dan penguasan guru terhadap berbagai alat evaluasi, materi pelajaran yang sedang diajarkan, keadaan peserta didik, dan alokasi waktu yang ada.
Yang menjadi dasar pertimbangan guru-guru mata pelajaran Fiqh Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri Jepara menggunakan beberapa alat atau instrumen yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar fiqih adalah bahwa Instrumen evaluasi hasil belajar merupakan suatu alat untuk mengetahui hasil pembelajaran yang disampaikan oleh guru terhadap paserta didik. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan hasil pembelajaran Fiqh yang baik harus menggunakan berbagai macam instrumen atau alat evaluasi. Agar aplikasi alat yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar dapat berjalan dengan baik maka perlu diperhatikan kesesuaian materi, kondisi paserta didik, materi ajar, waktu dan kemampuan guru pada alat-alat tersebut.
Tidak ada alat atau instrumen yang paling baik, karena setiap alat yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar ada sisi kelebihan dan kekurangnya. Sehingga baik dan tidaknya alat yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar tergantung pada bagaimana ketepatan guru mengaplikasikan alat tersebut terhadap materi yang sudah diajarkan. Kadang gagalnya aplikasi alat atau instrumen karena minimnya waktu, kesiapan peserta didik, sarana prasarana, lingkungan dan sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi pengalaman yang berharga untuk proses selanjutnya, dan menjadi informasi yang berharga dan masukan bagi guru-guru Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Bangsri Jepara terutama guru mata pelajaran Fiqh untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dengan memperhatikan alat-alat yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar. Dan masukan bagi penyelenggara pendidikan untuk selalu bersama-sama meningkatkan kemampuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Nur Khoiri, M.Ag
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.102 Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:21
Last Modified: 27 Dec 2021 02:21
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item View Item