STRATEGI BERSAING BMT LUMBUNG ARTHO JEPARA PADA PRODUK PEMBIAYAAN MODAL KERJA

MELINDA ANDRIYANI, 171420000174 (2021) STRATEGI BERSAING BMT LUMBUNG ARTHO JEPARA PADA PRODUK PEMBIAYAAN MODAL KERJA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171420000174_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000174_BAB I.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000174_BAB II.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000174_BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000174_BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000174_BAB V.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000174_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171420000174_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (971kB) | Preview

Abstract

BMT Lumbung Artho Jepara adalah salah satu lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip Syariah. Melihat perkembangan lembaga keuangan syariah begitu banyak muncul sebagai salah satu alternatif lembaga keuangan mikro, BMT Lumbung Artho Jepara memberi solusi dengan menawarkan berbagai macam produk simpanan maupun pembiayaan yang mampu untuk bersaing di era kompetitif, salah satunya adalah produk pembiayaan modal kerja. Produk ini menggunakan akad mudharabah.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu pertama, strategi bersaing yang diterapkan BMT Lumbung Artho Jepara pada produk pembiayaan modal kerja, dan yang kedua yaitu kendala yang dialami BMT Lumbung Artho dalam menghadapi persaingan pada produk pembiayaan modal kerja di era kompetitif. Hasil dari penelitian ini strategi bersaing yang digunakan BMT Lumbung Artho Jepara pada produk pembiayaan modal kerja adalah menggunakan strategi bauran pemasaran 7P, meliputi (Product) strategi produk yaitu produk pembiayaan modal kerja lebih mudah dalam proses akad dan cepat dalam proses pencairannya hanya membutuhkan waktu 2 hari saja, (Price) strategi harga yaitu dengan biaya administrasi hanya dibayarkan diawal saja, (Promotion) strategi promosi yaitu dengan promosi secara langsung dan tidak langsung, (Place) strategi tempat yang strategis dan mudah dijangkau, (Process) strategi proses yaitu memberikan pelayanan yang baik, cepat, mudah dan dalam pencairannya hanya membutuhkan waktu 2 hari saja, (People) strategi orang dengan memberikan beberapa pelatihan SDM kepada pegawai dan (Physical Evidence) strategi bukti fisik yang diterapkan BMT memberi nilai tambah dan mendukung pelayanan. Kemudian BMT Lumbung Artho juga menerapkan strategi lainnya yaitu dengan meningkatkan pelayanan internal, membangun kepercayaan anggota terhadap BMT dengan tetap menjaga silaturahmi, dan memaksimalkan peluang yang tidak bisa diambil pesaing. Kendala yang dialami dalam menghadapi persaingan adalah persaingan yang ketat dengan lembaga keuangan lainnya, kurangnya minat masyarakat terhadap BMT, dan penagihan kredit macet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Faiqul Hazmi, S.E.I., M.E.Sy. Pembimbing II : Ahmad Fauzan Mubarok, S.E., M.Sy.
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing, Pembiayaan Modal Kerja, BMT Lumbung Artho Jepara.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.2 Muamalat, Muamalah /Hukum Perdata Islam > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.155 Manajemen Pembiayaan, Deviden, Profitabilitas
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:53
Last Modified: 23 Dec 2021 02:53
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item