PENGARUH PENGETAHUAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENJADI PENGGUNA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Siswa Perbankan Syariah SMK Taq Sadamiyyah)

ANIK SHOLIHATUN, 171420000144 (2021) PENGARUH PENGETAHUAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENJADI PENGGUNA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Siswa Perbankan Syariah SMK Taq Sadamiyyah). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 171420000144 _ HALAMAN AWAL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 171420000144 _ BAB I.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 171420000144 _ BAB II.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 171420000144 _ BAB III.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 171420000144 _ BAB IV.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 171420000144 _ BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 171420000144 _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 171420000144 _ LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya jurusan Perbankan Syariah di SMK TAQ Sadamiyah dimana siswanya diberikan mata pelajaran tentang lembaga keuangan syariah. Namun siswa yang menjadi penguna lembaga keuangan syariah masih sedikit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan promosi terhadap minat siswa Perbankan Syariah SMK TAQ Sadamiyyah menjadi pengguna lembaga keuangan syariah dengan sampel sebanyak 72 responden. Sampel tersebut diambil menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan sampel tujuan tertentu. Variabel independent penelitian ini adalah pengetahuan (X1), promosi (X2), dan variabel dependent minat menjadi pengguna (Y).
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, Pertama, variabel pengetahuan (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi pengguna lembaga keuangan syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,106. Kedua, variabel promosi (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi pengguna lembaga keuangan syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Ketiga, variabel pengetahuan dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi variabel minat siswa Perbankan Syariah SMK TAQ Sadamiyyah menjadi pengguna lembaga keuangan syariah dengan nilai fhitung sebesar 13,607 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai koefisien determinasi penelitian ini sebesar 28,3% atau 0,283. sedangkan sisanya 71,7% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Wahidullah, S.H.I., M.H. Pembimbing II : Faiqul Hazmi, S.E.I., M.E.Sy.
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Promosi, Minat, Lembaga Keuangan Syariah.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.3 Ekonomi Islam
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.81 Manajemen Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 22 Dec 2021 03:59
Last Modified: 22 Dec 2021 03:59
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1078

Actions (login required)

View Item View Item