PENERAPAN METODE NAVIGASI WAYPOINT PADA APLIKASI PEMESANAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID DI WILAYAH JEPARA

AHMAD RIFAL FAHRUDIN, 141240000241 (2021) PENERAPAN METODE NAVIGASI WAYPOINT PADA APLIKASI PEMESANAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID DI WILAYAH JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1.141240000241_COVER.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.141240000241_BAB I.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.141240000241_BAB II.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.141240000241_BAB III.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.141240000241_BAB IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.141240000241_BAB V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.141240000241_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.141240000241_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Futsal adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari lima orang pemain. Futsal menggunakan bola yang berukuran 62-64 cm, biasanya dimainkan di dalam ruangan, dengan lapangan yang memiliki panjang 38-42 meter dan lebar 18-25 meter. Futsal adalah jenis olahraga yang sedang banyak digemari oleh masyarakat baik kalangan remaja maupun dewasa. Kebutuhan informasi futsal saat ini sangat diperlukan bagi masyarakat yang ingin bermain futsal namun tidak ada media internet yang menyediakan informasi mengenai pemesanan lapangan futsal di wilayah Jepara. Saat ini masyarakat mendapatkan informasi futsal hanya dengan mendatangi alamat futsal yang terkait. Sehingga masyarakat yang ingin memesan lapangan futsal harus mendatangi lapangan tersebut dan terkadang mereka merasa kecewa karena lapangan yang ingin dipesan sudah dipakai atau dipesan oleh tim futsal lain. Berdasarkan masalah tersebut, maka perlu adanya aplikasi yang dapat membantu pengguna lapangan futsal untuk mendapatkan informasi dan mempermudah pemesanan lapangan futsal. Metode pengembangan yang digunakan yaitu Rapid Aplication Development (RAD), permodelan menggunakan Unified Modeling Language (UML), dan menggunakan metode Navigasi Waypoint, untuk menavigasikan lokasi lapangan futsal di wilayah Jepara. Aplikasi dikembangkan untuk sistem berbasis mobile Android, bahasa pemrograman yang diguanakan adalah Dart dengan Framework Flutter dan Firebase Realtime Database sebagai basis data untuk penyimpanan informasi yang tertera pada aplikasi. Berdasarkan pengujian yang dilakukan ahli media menghasilkan persentase sebesar 95,8%, pengujian oleh ahli materi menghasilkan persentase sebesar 100%, dan 20 responden menghasilkan persentase sebesar 90,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem ini sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Buang Budi Wahono, S.Si., M.Kom. Pembimbing II : Akhmad Khanif Zyen, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Futsal, Lapangan, Pencarian, Pemesanan, Metode pengembangan Rapid Aplication Development (RAD), Navigasi Waypoint, Android Studio, Dart, Flutter.
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:30
Last Modified: 21 Dec 2021 07:30
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item