PENENTUAN SISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING DI SMP TAKHASSUS AL QUR’AN SADAMIYYAH

NINA ISMAYA, 161240000479 (2021) PENENTUAN SISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING DI SMP TAKHASSUS AL QUR’AN SADAMIYYAH. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161240000479_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000479_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000479_BAB II.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000479_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000479_BAB IV.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000479_BAB V.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000479_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000479_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar siswa merupakan pencapaian yang diperoleh siswa baik ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan sikap berkat pengalaman serta latihan yang telah dilalui masing-masing individu. Penilaian tersebut dilakukan dengan cara memberi nilai yang dilakukan oleh guru. Namun, mengingat banyaknya data siswa, maka untuk mengetahui siswa berprestasi bukanlah hal mudah, sama halnya di SMP Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah Bangsri Jepara. Sebagai contoh pada mata pelajaran takhassus yang biasanya diikutsertakan di perlombaan baik tingkat Kabupaten, Nasional maupun Internasional. Dalam menentukan rekomendasi siswa berprestasi di mata pelajaran tersebut dibutuhkan sebuah metode untuk menyelesaikan permasalahan dengan cepat, tepat dan akurat. Pada penelitian ini menggunakan data sebanyak 414 yang diambil dari data siswa kelas VIII semester genap tahun ajaran 2015/2016-2019/2020 yang memiliki beberapa atribut, yaitu nama, nilai tugas, nilai UTS, nilai UAS di masing-masing mata pelajaran takhassus, daftar hadir, dan nilai sikap. Data tersebut kemudian diolah pada tools RapidMinner menggunakan metode clustering K-Means, serta Indeks Davies-Bouldin untuk evaluasi dan validasi hasil. Didapat hasil perhitungan Indeks Davies-Bouldin sebesar 0,673 pada Microsoft Excel dan 0.041 pada RapidMinner. Pengelompokkan tersebut terbilang baik karena mendekati 0 (nol-negatif >= 0).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Akhmad Khanif Zyen, S.Kom., M.Kom Pembimbing II : R. H. Kusumodestoni, S,Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Prestasi Siswa, Mata Pelajaran Takhassus, Algoritma K-Means, Clustering, Indeks Davies-Bouldin, RapidMinner
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.66 Metode Transmisi Data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:26
Last Modified: 21 Dec 2021 07:26
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item