Search for collections on Publications

THE VIOLATION AND FLOUTING OF MAXIM ANALYSIS OF TEACHER-STUDENTS INTERACTION IN ENGLISH TEACHING AND LEARNING PROCESS IN MA HASYIM ASY’ARI BANGSRI ACADEMIC YEAR 2020/2021

SITI AROFAH, 161320000287 (2021) THE VIOLATION AND FLOUTING OF MAXIM ANALYSIS OF TEACHER-STUDENTS INTERACTION IN ENGLISH TEACHING AND LEARNING PROCESS IN MA HASYIM ASY’ARI BANGSRI ACADEMIC YEAR 2020/2021. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 161320000287_COVER.pdf]
Preview
Text
161320000287_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 161320000287_BAB I.pdf]
Preview
Text
161320000287_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 161320000287_BAB II.pdf]
Preview
Text
161320000287_BAB II.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 161320000287_BAB III.pdf]
Preview
Text
161320000287_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 161320000287_BAB IV.pdf]
Preview
Text
161320000287_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 161320000287_BAB V.pdf]
Preview
Text
161320000287_BAB V.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[thumbnail of 161320000287_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
161320000287_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of 161320000287_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
161320000287_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pelanggaran maksim yang terdapat pada interaksi antara guru dan peserta didik pada proses mengajar dan belajar bahasa Inggris di MA Hasyim Asy’ari Bangsri tahun pelajaran 2020/2021 dan menentukan bentuk pelanggaran maksim yang paling dominan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa percakapan antara guru dan peserta didik selama proses mengajar dan belajar dan dianalisis bentuk pelanggaran maksim berdasarkan teori prinsip kerjasama yang diusulkan oleh H. Paul Grice. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Data yang didapat dianalisis menggunakan model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Peneliti menggunakan teknik triangulasi untuk menvalidasi data. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat empat bentuk pelanggaran maksim (violation of maxim) yang dilalukan oleh guru dan peserta didik, yaitu: 11 (50%) maksim kuantitas, 5 (22.73%) maksim kualitas, 1 (14.29%) maksim relevansi, dan 5 (22.73%) maksim cara. Pelanggaran (violation) yang paling banyak ialah pelanggaran maksim kuantitas dengan 11 tuturan. Berdasarkan dari penemuan, terdapat 3 bentuk pelanggaran maksim (flouting of maxim) dengan penemuan terbanyak ialah pelanggran maksim relevansi. Pelanggaran maksim (flouting of maxim) terbagi menjadi: 1 (14.29%) maksim kuantitas, 2 (28.57%) maksim kualitas, and 4 (57.14%) maksim relevansi. Kesimpulannya ialah jenis pelanggaran antara violation dan flouting yang paling banyak terdapat pada pelanggaran maksim (violation of maxim) dengan total kemunculan mencapai 22 (75.86%) tuturan. Sementara jumlah pelanggaran maksim (flouting of maxim) ialah 7 (24.14%) tuturan. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa menggunakan maksim sangatlah penting dalam membangun komunikasi yang efektif selama proses belajar mengajar untuk membuat pembicara lebih teliti dalam mematuhi prinsip kooperatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Husni Mubarok, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitan Deskriptif Kualitatif, Prinsip Kerjasama, Interaksi Guru-Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 23 Nov 2021 08:08
Last Modified: 23 Nov 2021 08:08
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item
View Item