ANALISIS LINE BALANCING MENGGUNAKAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT DAN REGION APPROACH PADA PROSES PRODUKSI SOFA BERLIN (STUDI KASUS : PT CHIA JIANN INDONESIA FURNITURE)

ANA HIDAYATUL UMMAH, 171210000177 (2021) ANALISIS LINE BALANCING MENGGUNAKAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT DAN REGION APPROACH PADA PROSES PRODUKSI SOFA BERLIN (STUDI KASUS : PT CHIA JIANN INDONESIA FURNITURE). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 171210000177 - HALAMAN SAMPUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 171210000177 - BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 171210000177 - BAB II.pdf - Published Version

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 171210000177 - BAB III.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 171210000177 - BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 171210000177 - BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 171210000177 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 171210000177 - LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview

Abstract

PT Chia Jiann Indonesia Furniture merupakan perusahaan manufaktur milik warga berkebangsaan Taiwan-Indonesia yang bergerak dalam bidang produksi furniture. Produk berbahan baku kayu mahoni menjadi daya tarik tersendiri bagi PT Chia Jiann Indonesia Furniture . Memproduksi berbagai macam furniture seperti keperluan rumah tangga, perkantoran, dan jenis furniture lainnya. Jumlah pekerja yang dimiliki sebanyak 350 orang. Salah satu permasalahan yang terjadi di perusahaan ini terletak pada proses produksi sofa berlin pada line produksi KS yang tidak dapat memenuhi target produksi , hal ini dikarenakan adanya bottleneck pada proses perakitan sehingga efisiensi stasiun kerja yang kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis keseimbangan lintasan yang paling optimal menggunakan metode Ranked Positional Weight dan Region Approach. Tingkat efisiensi stasiun saat ini menunjukkan line efficiency sebesar 41,52%, Smoothes index sebesar 224,994 dan balance delay sebesar 58,48%. Hasil maksimal yang diperoleh dengan metode Ranked Positional Weight adalah line efficiency sebesar 92,08%, Smoothes index sebesar 37,16 dan balance delay sebesar 7,92% sedangakan hasil maksimal metode Region Approach adalah line efficiency sebesar 89,80%, Smoothes index sebesar 44,74 dan balance delay sebesar 10,20%. Dari perbandingan kedua metode tersebut, penggunaan metode Ranked Positional Weight memiliki nilai efisiensi yang paling tinggi dengan jumlah stasiun kerja yang optimal sebesar 3 stasiun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Choiru Zulfa,S.T., M.T Pembimbing II : Gunawan Mohammad, M.T.
Uncontrolled Keywords: Keseimbangan Lintasan, Efisiensi, Stasiun Kerja, Ranked Positional Weight, Region Approach.
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.4 Riset, Metode Statistik
000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.66 Metode Transmisi Data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Nov 2021 03:45
Last Modified: 20 Nov 2021 03:45
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item