ANALISIS PENERAPAN SAK-ETAP (STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK) DI UMKM (Studi Kasus Pada Cepelle Furniture Jepara)

Sinta Andriyani, 0000000 (2011) ANALISIS PENERAPAN SAK-ETAP (STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK) DI UMKM (Studi Kasus Pada Cepelle Furniture Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img] Text
Sinta Andriyani 131120000395.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)

Abstract

UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian bangsa. Peran UMKM sangatlah besar dan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia . UMKM memiliki kendala yang sangat klasik, seperti kesulitan dalam mengakses modal sehingga sulit berkembang , dalam menjalankan aktivitas usaha seringkali pengelola UMKM merasa kesulitan dalam melakukan pencatatan terhadap apa yang terjadi pada operasional usahanya .Pada tangggal 1 Januari 2011 diberlakukannya laporan keuangan pada UMKM dan koperasi de ngan menerapkan SAK ETAP (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik).Dengan menggunakan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK ETAP, akan mempermudah penggunanya, baik internal ataupun eksternal dalam mengambil keputusan dan memberikan kebijakan pada UMKM atau Koperasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif, data diperoleh dengan wawancara dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lapo ran keuangan Cepelle Furniture yang meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan (CaLK). Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan Cepelle Furniture belum menerapkan SAK ETAP pada lapora n keuangannya, karena dalam pencatatan laporan keuangannya masih sangat sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Purbayu Budi S. Pembimbing 1 Abdul Mu'id Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: SAK - ETAP
Subjects: Ilmu Manajemen > Manajemen Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan UNISNU Jepara
Date Deposited: 04 May 2016 01:39
Last Modified: 14 Mar 2018 03:11
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item