ANALISIS TINGKAT KESEHATAN PERUSAHAANUNTUK MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAANTEKSTIL YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2012

AGUS SETIA NINGRUM, 000000 (2013) ANALISIS TINGKAT KESEHATAN PERUSAHAANUNTUK MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAANTEKSTIL YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2012. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Tingkat kesehatan perusahaan sangat esensial tehadap perkembangan suatu perusahaan. Maka perlu adanya analisis laporan keuangan melalui rasio Altman Z-score yang bertujuan untuk mengukur tingkat kesehatan usaha dan hasil yang konsisten dimana perusahaan dikategorikan sehat kemungkinan kebangkrutannya kecil. Sedangkan perusahaan yang tidak sehat kemungkinan kebangkrutannya besar. Dari hasil nilai tingkat kesehatan, dapat diprediksi potensi kebangkrutan suatu perusahaan. Oleh karena itu, pihak manajemen hendaknya segera melakukan evaluasi sejak dini dengan menganalisis tingkat kesehatan perusahaan. Karena pentingnya tingkat kesehatan suatu perusahaan maka penulis mencoba menganalisis tentang tingkat kesehatan perusahaan untuk memprediksi potensi kebangkrutan pada perusahaan tekstil yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dengan dilakukannya penelitian ini, perusahaan dapat mengetahui Bagaimana kondisi keuangan perusahaan atau tingkat kesehatan perusahaan. Dalam penelitian ini variable independent adalah rasio keuangan, sedangkan variable dependent adalah analisis metode Altman Z-score. Dilihat dari jenis data yang digunakan, penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data yang digunakan adalah data akuntansi yang diperoleh dari Annual report periode 2010-2012 pada perusahaan industry tekstil yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan tekstil yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan secara terus menerus menerbitkan laporan keuangan pada tahun 2010-2012. Berdasarkan metode probability sampling yang diperoleh lima perusahaan pada periode 2010-2012 sehingga diperoleh 15 data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perusahaan tekstil yang terdaftar di BEI 2010-2012 terdapat tiga kelompok perusahaan yaitu sehat, rawan tidak sehat dan berpotensi bangkrut. Pada kelompok sehat terdapat satu perusahaan yaitu PT. Tifico Fiber Indonesia Tbk yang terjadi pada tahun 2011 dan 2012. Dalam kelompok rawan tidak sehat terdapat dua perusahaan yaitu PT. Pan Brothers Tbk terjadi pada tahun 2010 dan 2012 sedangkan perusahaan PT. Ricky Putra Globalindo terjadi dalam tiga tahun berturut-turut. Perusahaan dalam kelompok yang berpotensi bangkrut yaitu PT. Century Textile Industry Tbk, PT. Sunson Textile manufacturer Tbk, PT. Pan Brothers Tbk (2011), dan PT. Tifici Fiber Indonesia Tbk (2010). Kata Kunci : Tingkat kesehatan perusahaan, prediksi kebangkrutan, metode Altman Z-score.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Setyo Utomo S.E., M.Si. (pembimbing 1) Subadriyah S.E., M.Si. (pembimbing 2)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kesehatan perusahaan, prediksi kebangkrutan, metode Altman Z-score.
Subjects: Ilmu Manajemen > Manajemen Ekonomi
Divisions: Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan UNISNU Jepara
Date Deposited: 10 May 2016 08:37
Last Modified: 02 Jul 2019 08:53
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item