MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN NAHWU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR KITAB KUNING TAQRIB PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA

MUHAMAD QODERI, 172610000378 (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN NAHWU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR KITAB KUNING TAQRIB PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 172610000378_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 172610000378_BAB I.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 172610000378_BAB II.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 172610000378_BAB III.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 172610000378_BAB IV.pdf - Published Version

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 172610000378_BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 172610000378_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 172610000378_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum muatan lokal Nahwu di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara, 2) apa sajakah faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran kurikulum muatan lokal Nahwu di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara, 3) bagaimanakah kemampuan belajar kitab kuning peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara.
Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan kurikulum muatan lokal Nahwu di MTs Matholi’ul Huda meliputi penyusunan RPP, SILBUS, PROTA, PROMES, Jadwal, Materi dan Kitab Rujukan. Pelaksanaan kurikulum muatan lokal Nahwu di MTs Matholi’ul Huda pada kelas VII hari Rabu dengan kitab jurumiyah Juz 1, kelas VIII pada hari Kamis dengan kitab jurumiyah Juz 2, kelas IX pada hari Senin dengan kitab jurumiyah Juz 3. Evaluasi kurikulum muatan lokal Nahwu di MTs Matholi’ul Huda meliputi ulangan harian, ulangan mid semester dan ulangan semester. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran kurikulum muatan lokal Nahwu di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. a) Faktor pendukung keberadaaan Pesantren dilingkungan Madrasah, SDM guru Nahwu yang berkualitas, Visi, Misi Madrasah yang relevan dengan mulok Nahwu. b) Faktor penghambat kurangnya anggaran, kemampuan mufrodad kosa kata bahasa arab siswa yang rendah, dan keterbatasan jam pelajaran. 3) Kemampuan belajar kitab kuning peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara masih tergolong rendah hal ini dikarenakan bahwa dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning tidak hanya paham nahwu tetapi juga shorof, koleksi kosa kata atau mufrodad serta di dukung ilmu alat lainnya. Kosakata bahasa arab yang belum dihafal oleh siswa serta kemampuan dalam memahami berbagai perubahan harokah menjadi kendala kesulitan siswa

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M. Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Muatan Lokal Nahwu, Kemampuan Belajar Kitab.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 16 Oct 2021 04:07
Last Modified: 16 Oct 2021 04:07
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item