EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI POS PAUD KASIH BUNDA DATAR MAYONG JEPARA

SITI NURHASANAH, 161340000014 (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI POS PAUD KASIH BUNDA DATAR MAYONG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 161340000014_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 161340000014_BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 161340000014_BAB II.pdf - Published Version

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 161340000014_BAB III.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 161340000014_BAB IV.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 161340000014_BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 161340000014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 161340000014_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Kemampun anak mengenal bacaan huruf hijaiyah sejak usia dini di Pos PAUD Kasih Bunda Datar Mayong Jepara sebelum menggunakan metode bernyanyi. (2) Kemampun anak mengenal bacaan huruf hijaiyah sejak usia dini di Pos PAUD Kasih Bunda Datar Mayong Jepara setelah menggunakan metode bernyanyi. (3) Meningkatkan kemampuan anak mengenal bacaan huruf hijaiyah sejak usia dini melalui metode bernyanyi di Pos PAUD Kasih Bunda Datar Mayong Jepara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan mengenal bacaan huruf hijaiyah anak kelompok B Pos PAUD Kasih Bunda Datar Mayong Jepara sebelum menggunakan metode bernyanyi dapat dikatakan masih rendah atau belum berkembang. Hal itu sesuai dengan hasil pretest yang telah didapatkan peneliti yang menunjukkan bahwa seluruh siswa masih belum mampu mengenal bacaan huruf hijaiyah secara berurutan tanpa adanya bantuan dari seorang guru. Dan hanya 4 anak dari 16 anak yang mampu menjawab urutan huruf hijaiyah yang diajukan oleh guru dengan baik dan benar. Setelah menggunakan metode bernyanyi mengalami perlakuan atau diberi treatment berupa kegiatan bernyanyi mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hal ini terlihat dari peningkatan rekapitulasi sebesar 11 dari hasil pretest sebesat 4,50 atau 28,12% dan posttest sebesar 15,50 atau 93,75%. Hal itu sesuai dengan hasil pretest yang telah didapatkan peneliti yang menunjukkan bahwa seluruh siswa masih belum mampu mengenal bacaan huruf hijaiyah secara berurutan tanpa adanya bantuan dari seorang guru. Dan hanya 4 anak dari 16 anak yang mampu menjawab urutan huruf hijaiyah yang diajukan oleh guru dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Khalimaus Sa`diyah, M.Pd.I Pembimbing II : Naili Rohmah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Mengenal Huruf Hijaiyah, Efektifitas.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:24
Last Modified: 14 Oct 2021 01:24
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item