ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA TENAGA KERJA PADA CV. GRAHA INDAH JEPARA

ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2015) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA TENAGA KERJA PADA CV. GRAHA INDAH JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img] Text
Skripsi_131120000635_ISTIQOMAH finish.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (647kB)

Abstract

Informasi sangat diperlukan bagi suatu organisasi atau perusahaan, terutama informasi tentang sistem penggajian dan pengupahan. Sistem penggajian dan pe ngupahan dapat dijadikan sebagai alat dalam pengendalian biaya tenaga kerja. Dari pentingnya informasi tersebut penulis melakukan analisis pada CV. Graha Indah Jepara dengan judul Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Sebagai Alat P engendalian Biaya Tenaga Kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan pada CV. Graha Indah Jepara, dan untuk mengetahui apakah sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan sebagai alat pengendalian biaya tenaga kerja pada CV. Graha Indah Jepara sudah efektif . Dengan harapan memberikan masukan dan pertimbangan dalam melaksanakan pengendalian untuk memperoleh informasi yang dapat diandalkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode pembahasan permasalahan yang sifatnya menguraikan, menggambarkan dan membandingkan suatu data atau keadaan dengan teori - teori, dan kemudian dianalisis sehingga dapat d iambil suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sistem penggajian dan pengupahan pada CV. Graha Indah Jepara sudah berjalan cukup efektif. Manajemen perusahaan sudah menerapkan konsep dan prinsip pengendalian intern penggajian dan pengupahan, namun m asih terdapat beberapa kekurangan. Masih terdapat penggabungan anatara fungsi pencatatan waktu hadir dan fungsi penggajian dan pengupahan, dan tidak adanya fungsi kepegawaian. Manajemen perusahaan sebaiknya memperbaiki sistem pengendalian intern dalam sist em pengajian dan pengupahan, dengan membedakan fungsi dalam pencatatan waktu hadir dan pembuat daftar gaji dan upah, dan mengangkat fungsi kepegawaian yang bertugas mengatur seluruh pegawai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 Zainuri Pembimbing 2 Aida Nahar, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penggajian
Subjects: Ilmu Manajemen > Manajemen Bisnis > Administrasi Upah dan Gaji
Depositing User: Pustakawan UNISNU Jepara
Date Deposited: 10 May 2016 08:30
Last Modified: 27 Mar 2018 04:09
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item View Item