ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA

ADHETAMA, ACHMAD DEGA (2012) ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
COVER pdf.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental terhadap kualitas laba pada perusahaan manufaktur di bursa efek Jakarta. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini company size, struktur modal, presistensi laba, pertumbuhan laba, likuiditas, dan kualitas akrual terhadap variabel dependen kualitas laba. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara pemilihan sampel bertujuan (Purposive Sampling) dengan metode pemlihan berdasarkan pertimbangan (Judgement Sampling). Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2010 berjumlah 42 perusahaan dengan teknik analsis linier berganda. Berdasarkan pengujian semua asumsi klasik yang dilakukan menunjukkan hasil yaitu persamaaan regresi telah memenuhi asumsi normalitas, tidak ada problem multikolonieritas, heterokedastisitas serta autokorelasi. Hasil analisis dengan uji t-statistik memperlihatkan bahwa secara parsial hanya company size, struktur modal, persistensi laba, dan kualitas akrual yang terbukti berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba dengan tingkat signifikan kurang dari 0,05. Pertubuhan laba, dan likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Secara simultan berdasarkan uji t, variabel struktur modal dan persistensi laba berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba perusahaan manufaktur. Variabel company size, pertumbuhan laba, likuiditas, dan kualitas akrual berpengaruh tidak signifikan terhadap kualitas laba perusahaan manufaktur. Nilai adjusted R2 menunjukkan kemampuan prediksi dari keenam variabel terhadap kualitas laba sebesar 14.5% dan sisanya 85.5% dipengauhi faktor lainnya diluar model penelitian. Kata kunci : company size, struktur modal, presistensi laba, pertumbuhan laba, likuiditas, kualitas akrual, kualitas laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Didik Ardiyanto Pembimbing 1 Sri Mulyani Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: company size, struktur modal, presistensi laba, pertumbuhan laba, likuiditas, kualitas akrual, kualitas laba.
Subjects: Ilmu Manajemen > Manajemen Bisnis > Manajemen Perusahaan
Depositing User: Pustakawan UNISNU Jepara
Date Deposited: 10 May 2016 08:19
Last Modified: 28 Dec 2017 07:47
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item