KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ERNA PRATIWI, 192610000698 (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 192610000698_COVER.pdf - Published Version

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 192610000698_BAB I.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 192610000698_BAB II.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 192610000698_BAB III.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 192610000698_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 192610000698_BAB V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 192610000698_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 192610000698_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?, b) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?, c) Sejauhmana hasil peningkatan mutu pembelajaran melalui kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif analitik terkait dengan kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini mengikuti langkah-langkah model Milles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini ialah: a) Kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati cukup bagus, dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati. Adapun kepemimpinan kepala madrasah yang dimaksud dalam penelitian ini ditinjau dari kompetensi manajerialnya meliputi keterampilan teknis, keterampilan hubungan manusia, dan keterampilan konseptual. b) Faktor pendukung pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati yaitu guru yang profesional, peserta didik yang berprestasi dan sarana prasarana. Faktor penghambat (kelemahan dan tantangan) kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran ialah mindset siswa/ peserta didik yang masih belum terbentuk dengan baik dalam niat awal datang ke madrasah untuk mempersiapkan diri menjadi anggota masyarakat nantiya. Sementara untuk para guru mereka masih banyak yang bertahan dengan cara mengajar yang konvensional dan media mengajar yang masih kurang. c) Hasil peningkatan mutu pembelajaran melalui kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021 telah dicapai dengan baik dari kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Barowi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Mutu Pembelajaran, Kepemimpinan Kepala Madrasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:56
Last Modified: 10 Jan 2022 01:56
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item