STUDI KISAH-KISAH AL-QUR‟AN TETANG PENDIDIKAN

SA'IDUN AFIT, NIM 142610000062 (2016) STUDI KISAH-KISAH AL-QUR‟AN TETANG PENDIDIKAN. Masters thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Realitas sekarang ini menunjukkan maraknya tindak kejahatan terhadap anak, baik itu dalam internal keluarga maupun masyarakat. Padahal anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang seharusnya dipelihara, dididik dan dikembangkan dengan baik demi kemajuan bangsa. Al-Qur‟an memuat aturan-aturan dalam membina keluarga yang sejahtera dan harmonis, termasuk di dalamnya pengetahuan tentang anak. Semua ajaran tersebut tidak hanya tersurat dalam tema-tema tertentu, namun juga tersirat dalam kisah- kisah yang terdapat dalam al-Qur‟an. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua. Pertama, Bagaimana perencanaan pendidikan dalam al-Qur‟an. Kedua, Bagaimanakah materi pendidikan dalam al-Qur‟an. Ketiga, Bagaimana metode pendidikan dalam al- Qur‟an. Keempat, Bagaimana evaluasi pendidikan dalam al-Quran? Penelitian ini bersifat kepustakaan. Sumber data yang digunakan ada dua, yakni al-Qur‟an dan kitab-kitab mufassir sebagai sumber data primer dan literatur- literatur pembantu yang berupa jurnal, buku, kamus dan lain-lain yang mempunyai keterkaitan langsung dengan fokus kajian penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi ayat-ayat yang membahas tentang anak dan diuraikan dengan pendapat-pendapat para mufassir. Setelah data terkumpul maka analisis data dilakukan dengan menggunakan metode content analysis. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mengenai Studi tafsir Maudhu‟i tentang pendidikan anak dalam al-Qur‟an yang mengacu pada kisah-kisah para nabi dan rosul yang terdapat dalam al-Qur‟an. Meliputi kisah Nabi Nuh dan anaknya, Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Isma‟il, Nabi Yusuf, putra Ya‟qub serta Nabi Isa dan ibunya, Maryam serta kisah Luqman al-hakim dan puteranya. Berdasarkan pada rumusan masalah dalam penelitian ini, maka penulis menyimpulkan bahwa Perencanaan yang baik dan diharapkan mencapai hasil adalah melalui firasat/petunjuk dan tujuan/nilai-nilai yang akan dicapai. Rumusan masalah yang kedua berkaitan dengan materi pendidikan meliputi: menanamkan nilai-nilai akidah dan keimanan, mengajari kepada murid tentang akhlak yang baik terutama kepada orang tua, menanamkan nilai-nilai spiritual dan emosional, mengajari murid sholat dan amar ma‟ruf nahi munkar, serta memahami keadaan anak. Sebagai jawaban atas rumusan masalah yang ketiga tentang mtode pendidikan meliputi: mendidik dengan keteladanan, mendidik dengan kebiasaan, mendidik dengan nasihat, mendidik dengan perhatian/pengawasan, serta mendidik dengan hukuman. Sedangkan rumusan masalah yang terakhir mengenai evaluasi pendidikan dapat disimpulkan bahwa seluruh aspek pokok evaluasi yang meliputi segi tingkah laku, segi isi pendidikan dan segi proses pebelajaran terbilang baik dari pelaku-pelaku kisah interaksi edukatif, dan secara keseluruhan evaluasi yang dihasilkan terhadap anak didik adalah baik. Kata Kunci: Studi, Kisah-kisah al-Qur‟an, Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing 1 Dr. H. Mashudi, M.Ag. Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Studi, Kisah-kisah al-Qur‟an, Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Sejarah Pendidikan
Depositing User: Pustakawan UNISNU Jepara
Date Deposited: 14 Dec 2017 03:13
Last Modified: 14 Dec 2017 03:13
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item View Item