MANAJEMEN SUMBER BELAJAR DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDUT BUMI KARTINI KUWASEN JEPARA

NUR AZIZAH, NIM 142610000059 (2016) MANAJEMEN SUMBER BELAJAR DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDUT BUMI KARTINI KUWASEN JEPARA. Masters thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Judul : Manajemen sumber belajar dalam rangka meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di SDUT Bumi Kartini Kuwesen Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pemanfaatan sumber belajar yang kaitannya dengan manajemen sumber belajar dan kemandirian belajar pesertya didik di SDUT Bumi Kartini Kuwasen Jepara. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui tiga cara, yang pertama metode wawancara/interview, metode dokumentasi, dan observasi /pengamatan, yang berkaitan dengan manajeman sumber belajar dalam rangka meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di SDUT Bumi Kartini Jepara. Bahwa hasil penelitian ini menunjukkan pada kebijakan para guru /pendidik terkait dengan manajemen sumber belajar dan peningkatan kemandirian belajar sudah dilaksanakan secara optimal, hal ini bisa dilihat pada : 1) pelaksanaan manajemen sumber belajar, ada beberapa langkah: a).pengorganesasian, b). pelaksanaan, c). evaluasi, dan d) kemandirian belajar. Penulis menemukan permasalahan yang masih belum signifikan, sebab in put yang dihasilkan baik dari tahun ketahun semakin meningkat, pada hal secara langsung sekolah SDUT Bumi Kartini Kuwasen ini baru berdiri kurang lebih 6 tahun ini, akan tetapi sudah terlihat maju baik itu kegiatan formal maupun non formal. Hal ini dapat dilihat dari segi: a). peningkatan kwalitas pendidik yaitu dengan , mengikutsertakan pendidik dalam diklat/pelatihan, b). diadakan sosialisasi kurikulum 2006 KTSP, c). Diadakan kerjasama diantara para pendidik /MGMP, d). mengadakan Tartilan Al qur‟an sebelum pembelajaran dimulai, e). memanfaatkan musholla dan sholat berjamaah bersama guru, f). menjalankan sholat sunnah dhuha pada waktu pagi, g). melaksanakan pembelajaran di learning recourse center h),pengembangan sarana prasarana, i) di kelas v siswa studi banding ke Malaysia termasuk metode dan tehnik dalam pembelajaran sangat menarik j). pengayaan olimpiade matematika . Karena tesis ini bersifat analisis kwalitatif diskriptif maka tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif yang mendeskripsikan kebijakan yang dilakukan oleh para guru /pendidik terhadap manajeman sumber belajar dalam rangka meningkatkan kemandirian belajar peserta didik, serta menganalisisnya dengan bukti kebenaran data yang ada. Pada masalah analisis penulis menfokuskan terhadap manajemen sumber belajar, dan meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di SDUT Bumi Kartini Kuwasen Jepara. Dengan demikian untuk menyikapi masalah-masalah yang ada setidaknya dapat menjelaskan pada masyarakat secara umum tentang keberadaan sistem pembelajaran, manajeman sumber belajar, dan tingkat kemampuan peserta didik di SDUT Bumi Kartini Kuwasen Jepara. Atas dasar penelitian ini , penulis harapkan bisa jadi sebagai bahan informasi khususnya pada manajemen sumber belajar dalam rangka meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di SDUT Bumi Karitini Jepara. Kata kunci :Sumber belajar, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Djasadi, M. Pd. Pembimbing 1 Dr. H. Mashudi, M. Pd.I. Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Sumber belajar, Kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Depositing User: Pustakawan UNISNU Jepara
Date Deposited: 14 Dec 2017 02:51
Last Modified: 14 Dec 2017 02:51
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item