STUDI IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMK WALISONGO PECANGAAN JEPARA

MIZAN SYA’RONI, NIM 142610000074 (2016) STUDI IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMK WALISONGO PECANGAAN JEPARA. Masters thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Mizan Sya’roni. Studi tentang Implementasi Prinsip-prinsip Manajemen Mutu Terpadudi di SMK Walisongo Pecangaan Jepara. Proposal Tesis. : Program Pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU), 2016. Masalah mutu pendidikan merupakan salah satu isu sentral dalam pendidikan nasional, terutama berkaitan dengan rendahnya mutu pendidikan di setiap jenjang dan satuan pendidikan. Salah satu masalah yang dihadapi sekolah- sekolah tersebut adalah permasalahan manajemen mutu pendidikan. Di era kontemporer, dunia pendidikan dikejutkan dengan adanya model pengelolaan pendidikan berbasis industri. Pengelolaaan model ini mengandaikan adanya upaya pihak pengelola institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan manajemen perusahaan. Penerapan manajemen mutu dalam dunia pendidikan ini lebih popular manajemen mutu terpadu. Dalam konteks pendidikan mutu meliputi mutu Input, mutu proses dan mutu output. Manajemen mutu terpadu merupakan filosofi tentang perbaikan secara terus menerus, yang dapat memberikan seperangkat alat praktis kepada setiap institusi pendidikan dalam memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan para pelanggannya, saat ini dan untuk masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi, wawancara mendalam dengan sumber data primer dan studi dokumen. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam bagaimana konsep manajemen mutu terpadu itu diimplementasikan di SMK Walisongo Pecangaan Jepara, dengan fokus penelitian pada implementasi prinsip fokus pelanggan dan prinsip perbaikan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Walisongo Pecangaan Jepara telah mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu Terpadu, dengan model Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Implementasi prinsip fokus kepuasan pelanggan diwujudkan dengan berbagai program yang berfokus pada siswa, seperti program double degrees, sedangkan implementasi prinsip perbaikan berkelanjutan diwujudkan dengan adanya proses manajemen yang selalu mengacu kepada proses perbaikan berkelanjutan seperti audit internal maupun eksternal dan manajemen review setiap tahunnya. Kata Kunci : manajemen mutu, fokus pelanggan, perbaikan berkelanjutan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: DR. H. Fahrurrozi, M.Ag. Pembimbing 1 H. Nur Khoiri, M.Ag., Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu, Fokus Pelanggan, Perbaikan Berkelanjutan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan > Manajemen Sekolah
Depositing User: Pustakawan UNISNU Jepara
Date Deposited: 13 Dec 2017 08:26
Last Modified: 13 Dec 2017 08:26
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item