STUDI TENTANG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM ASPEK PEMBELAJARAN DI SMPN 1 CIANJUR

DEMBY YUSBIAN, NIM 14261000145 (2016) STUDI TENTANG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM ASPEK PEMBELAJARAN DI SMPN 1 CIANJUR. Masters thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013;(2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cianjur; (3) mengetahui penilaian hasil belajar siswa berbasis Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Cianjur; (4) mengetahui hambatan yang dialami saat mengimplemetasikan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Cianjur; (5) mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan saat mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam proses pembel ajaran di SMP Negeri 1 Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan populasi, dengan responden 51 guru kelas VII mata pelajaran di SMP Negeri 1 Cianjur. Variabel penelitian ini adalah implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan validasi logis dan validasi empiris. Uji reliabilitas menggunakan teknik C r on b a ch ’ s Al ph a . Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) implementasi Kurikulum 2013 dalam perencanaan pembelajaran berada dalam kategori sebagian besar terlaksana dengan mean 71,27; (2) hambatan yang terjadi adalah pembagian materi pembelajaran ke dalam jam dan hari efektif sekolah yang masih rumit; (3) upaya untuk mengatasinya adalah guru menyesuaikan waktu/jam dan materi yang relevan dengan kondisi di sekolah dan melakukan konsultasi forum MGMP; (4) implementasi Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran berada dalam kategori sebagian besar terlaksana dengan mean 46,78; (4) hambatan yang terjadi adalah pendekatan scientific approach, project based learning, discovery learning masih sulit diterapkan, terbatasnya bahan ajar, dan kurangnya fasilitas sekolah; (6) upaya untuk mengatasinya adalah guru melakukan berbagai pendekatan pembelajaran agar tercipta suasana belajar aktif memaksimalkan fasilitas KBM; (7) implementasi Kurikulum 2013 dalam penilaian hasil belajar siswa berada dalam kategori sebagian besar terlaksana dengan mean 47,41; (8) hambatan yang terjadi adalah keterbatasan waktu dalam mengamati setiap siswa, belum mengenal secara menyeluruh terhadap setia psiswa, siswa ada yang tidak mengikuti proses KBM; (9) upaya untuk mengatasinya adalah guru mengelompokkan siswa di setiap kegiatan pembelajaran dibantu dengan penilaian antar teman, serta penambahan tugas dan diadakannya kegiatan remidial. Kata kunci: implementasi, Kurikulum 2013, perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: implementasi, Kurikulum 2013, perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan > Manajemen Sekolah
Depositing User: Arif Sarifudin Arif
Date Deposited: 26 Oct 2017 02:53
Last Modified: 13 Dec 2017 07:10
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item