PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’ᾹN

HAMID, ABD (2016) PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’ᾹN. Masters thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://unisnu.ac.id

Abstract

Abd. Hamid, 142610000094, Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’ān . Manusia sebagai khalifah di bumi untuk mengatur kehidupan dan segala sesuatunya. Dengan akal dan keterampilannya manusia dapat menjadikan bumi sebagai tempat untuk melaksanakan berbagai aktivitas kesehariannya. Sebagai seorang khalifah (pengganti), ia mendapat amanah yang harus dilaksanakan di bumi. Begitu juga manusia adalah seorang ulil amri (penguasa) yang mendapat amanah dalam memimpin diri maupun orang lain yang harus memiliki sifat, sikap, dan prinsip yang baik untuk mengurus atau mengatur orang lain. Karena kepemimpinan adalah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Dalam ilmu management pemimpin mempunyai peranan yang sangat penting dalam kiprahnya mensukseskan tujuan organisasi. Apabila dalam suatu masyarakat, bangsa dan negara dipimpin oleh orang yang memiliki sifat, konsep, dan prinsip sebagaimana yang ada dalam Al-Qur’ān tentu tujuan-tujuan organisasi akan dibawa menuju kesuksesan dunia dan akhirat. Di dalam penelitian ini, akan dicari landasan prinsip-prinsip kepemimpinan pendidikan secara umum dan dalam pandangan Al-Qur’ān. Berkaitan dengan hal tersebut, maka ruang lingkup tesis ini ada dua hal pokok: pertama, mendiskripsikan tentang pendidikan Islam; kedua, mendiskripsikan tentang prinsip-prinsip kepemimpinan pendidikan dalam perspektif Al-Qur’ān. Prinsip-prinsip kepemimpinan pendidikan secara umum yang dikaji adalah: prinsip kapasitas integratif, kooperatif, rasionalitas dan obyektifitas, adaptabilitas dan fleksibilitas, delegasi, pragmatisme, dan keteladanan. Sedang Prinsip-prinsip kepemimpinan pendidikan dalam perspektif Al-Qur’ān adalah: prinsip tauhid, musyawarah, ‘adalah, ḥurriyah, amānah, amar ma'ruf nahi munkar, dan uswah ḥasanah. Dari kedua prinsip tersebut kepemimpinan pendidikan yang mencakup tentang pendidikan bagi seorang pemimpin yang sesuai dengan akhlak Al-Qur’ān, yaitu : (1) pemimpin yang toleran, (2) pemimpin suka musyawarah di dalam mengambil keputusan, (3) pemimpin yang menetapkan hukum dengan adil, (4) pemimpin yang memberi kebebasan, (5) pemimpin yang dapat dipercaya, (6) pemimpin yang selalu berbuat baik, dan (7) pemimpin yang memberi teladan yang baik. Karakter pemimpin pendidikan yang dinyatakan dalam Al-Qur’ān adalah pemimpin yang memegang teguh nilai-nilai islami dan prinsip-prinsip kepemimpinan sebagaimana di atas. Kata kunci: prinsip, kepemimpinan, pendidikan dan Al-Qur’ān .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sa’dullah Assaidi, M.Ag. Pembimbing 1 Dr. H. Zubaidi, S.Pd.I., M.Pd. Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: prinsip, kepemimpinan, pendidikan dan Al-Qur’ān
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arif Sarifudin Arif
Date Deposited: 26 Oct 2017 02:47
Last Modified: 26 Oct 2017 02:47
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item View Item