PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA SERTIFIKASI (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Matholiul Huda Srikandang Bangsri Jepara)

SIHATUL MUHIMMAH, 161310003739 (2021) PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA SERTIFIKASI (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Matholiul Huda Srikandang Bangsri Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 161310003739_COVER.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 161310003739_BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 161310003739_BAB II.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 161310003739_BAB III.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 161310003739_BAB IV.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 161310003739_BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 161310003739_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 161310003739_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui profesionalisme guru pendidikan agama Islam pasca sertifikasi di MI Matholiul Huda Srikandang Bangsri Jepara. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat profesionalisme guru pendidikan agama Islam pasca sertifikasi di MI Matholiul Huda Srikandang Bangsri Jepara.
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang akan dibahas, yaitu profesionalisme guru pendidikan agama Islam sebagai variabel pengaruh (variabel X) dan pasca sertifikasi sebagai variabel terpengaruh (variabel Y).
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui profesionalisme guru pendidikan agama Islam pasca sertifikasi di MI Matholiul Huda Srikandang Bangsri Jepara dengan menggunakan teknik wawancara. Dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat profesionalisme guru pedidikan agama Islam di MI Matholiul Huda Srikandang Bangsri Jepara dengan teknik observasi. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan sebagai foto pendukung dalam penelitian.
Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil bahwa: (1). guru MI Matholiul Huda Srikandang telah memiliki profesionalisme yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan kompetensi pedagogik guru PAI pasca sertifikasi telah memahami peserta didik, membuat perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran, melakukan evaluasi hasil belajar. Kompetensi kepribadian guru PAI sertifikasi mencerminkan kepribadian yang arif, bijaksana serta berwibawa menjadi teladan peserta didik dan berakhlakul karimah. Kompetensi sosial guru PAI sertifikasi mampu berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar. Kompetensi profesional, guru PAI sertifikasi menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan kurikulum mata pelajaran disekolah serta penguasaan struktur dan metodologi keilmuan. (2). Faktor pendukung dan penghambat profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi di MI Matholiul Huda Srikandang meliputi: faktor guru, dukungan kepala sekolah, sarana prasarana dan juga peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: faktor dari dalam pribadi guru sendiri dan kurang pemahaman tentang teknik informasi dan komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Yushinta Eka Farida, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Guru Pendidikan Agama Islam, Pasca Sertifikasi.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:34
Last Modified: 04 Jan 2022 07:34
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item View Item