KONSEP AKHLAQ DALAM MENUNTUT ILMU MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ALIM WAL MUTA’ALLIM

AKROM AHMAD, NIM : 131310002966 (2015) KONSEP AKHLAQ DALAM MENUNTUT ILMU MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ALIM WAL MUTA’ALLIM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img] Text
131310002966 Ahmad Akrom (Upload).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Akrom, 2014. Konsep Akhlaq Dalam Menuntut Ilmu Menurut KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlotul Ulama’ Jepara. Pembimbing Saifurrahman, M.Pd. Saat ini, pendidikan lebih mementingkan masalah yang bersifat materi dan ilmu pengetahuan daripada etika, akhlak dan moral. Tingginya dekadensi moral mencerminkan adanya krisis etika. Pendidikan seharusnya dapat menyentuh berbagai aspek yaitu jasmani, rohani, mental, moral, psikis dan fisik. Jika tidak, maka pendidikan tak ubahnya seperti pengajaran. Melihat problematika pendidikan, khususnya etika di kalangan pelajar di atas, maka penulis ingin membahas lebih jauh tentang masalah etika.dengan menyelami lebih jauh konsep etika dalam menuntut ilmu menurut KH. Hasyim Asy'ari, yaitu seorang ulama besar Indonesia yang banyak memberikan sumbangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan Islam. Konsep Akhlaq dalam menuntut ilmu KH. Hasyim Asy'ari dirasa dapat menjawab masalah Akhlaq tersebut, meskipun ada beberapa hal yang perlu dicermati kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dasar Akhlaq serta pemikiran Akhlaq pelajar menurut KH. Hasyim Asy'ari. Berdasarkan jenisnya, skripsi ini merupakan penelitian kepustakaan KH. Hasyim asy'ari lebih mendekati pada konsep kaum sufi yang menganggap bahwa guru adalah pihak yang sangat menentukan dalam proses pendidikan. Dalam merumuskan konsep akhlaq dalam emnuntut ilmu, KH. Hasyim Asy'ari lebih cenderung pada nilai-nilai etis yang bersifat sufistik. Dalam belajar, KH. Hasyim Asy'ari sangat memperhatikan beberapa hal: seorang murid meniatkan belajar hanya karena allah semata, memiliki ghirah yang tinggi dalam menuntut ilmu, bersabar dan tabah dalam menuntut ilmu, bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu, memilki biaya yang cukup, adanya petunjuk dari pendidik dalam menuntut ilmu, menjaga kesehatan. Kata kunci : Konsep Akhlaq Dalam menuntut Ilmu, Konsep Akhlaq dalam menuntut Ilmu KH. Hasyim Asy’ari lebih menekankan pada pemberdayaan hati. KH. HAsyim Asy’ari sangat berharap bahwa hal tersebut untuk mencapai kehidupan yang baik bagi individu dan masyarakat yang beretika sesuai dengan petunjuk-petunjuk agama Islam. KH. Hasyim Asy’ari lebih memusatkan proses pembelajaran pada guru meskipun di sisi lain juga menaruh perhatian pada keaktifan pelajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saifurrohman Sebagai Pembimbing
Uncontrolled Keywords: KH. HASYIM ASY’ARI
Subjects: Pendidikan > Sejarah Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Depositing User: Pustakawan UNISNU Jepara
Date Deposited: 24 Oct 2016 04:06
Last Modified: 28 Dec 2017 04:31
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item